Pemko Makassar Dorong Pemuda Berwirausaha

Sabtu, 01 Maret 2014 10:01

BERTUAHPOS.COM, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Makassar memberikan pelatihan kepada sejumlah pemuda mengenai kewirausahaan. Alasannya, unsur pemuda menjadi ujung tombak pembangunan dengan membangun dunia usaha.

“Menjadi bangsa yang besar dan disegani itu bisa dilakukan dan kuncinya ada pada pemuda yang menjadi ujung tombak dalam menggerakkan roda pemerintahan serta usaha,” ujar Asisten II Bidang Ekonomi, Sosial dan Pembangunan Pemko Makassar Ibrahim Saleh di Makassar, seperti dikutip Antara, Jumat (28/2/2014).

Dia mengatakan, membangun kemandirian bangsa dapat dilakukan di masa mendatang dengan melibatkan unsur pemuda serta memberikan keleluasaan mengembangkan bakat dan minatnya.

Peningkatan kualitas dan kemandirian sumber daya manusia (SDM) warga kota, khususnya kaum muda, sangat ditentukan dari sinergitas para pemangku kepentingan dan pemuda.

Baca: Cuaca Riau Hari Ini, Sebagian Besar Riau Hujan Tak Merata Siang Ini

“Dengan pertumbuhan ekonomi Kota Makassar yang makin pesat saat ini telah membuka peluang besar bagi tumbuhnya kreativitas warga dalam berusaha secara mandiri. Jiwa wirausaha ini juga perlu dimiliki kaum muda sejak dini sehingga dalam langkah ke depan, tidak akan menjadi beban bagi masyarakat,” ujarnya.

Pemuda mempunyai kelebihan pada jiwa kreativitas dalam mencari hal-hal baru yang berbeda. Inilah yang harus didorong dan dikembangkan sehingga pemuda dapat menemukan jalannya dalam berwirausaha secara mandiri.

Dia mengatakan, pemerintah akan senantiasa memberikan dukungan baik secara materiil maupun peningkatan kualitas dan kemampuan pemuda. Walhasil, kreativitas dan kewirausahaan pemuda Makassar dapat berdaya saing tinggi.(git/smr)