Pelita Pantai Jadi Fokus Pemantauan Banjir di Pekanbaru

Selasa, 09 Februari 2016 12:50

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Beberapa hari belakangan ini, Kota Pekanbaru di guyur hujan. Bahkan hujan yang berlangsung dari Sabtu hingga Senin tersebut membuat kekhawatiran akan terjadi banjir di Kota Pekanbaru.

Menurut keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, melalui Sekretaris BPBPK Hermanto Yasin mengatakan bahwa di Pekanbaru saat ini lebih terfokuskan pemantauan di daerah Pelita Pantai maupun Witayu.

“Untuk Kota Pekanbaru pada musim penghujan ini yang selalu kita pantau, terutama di bawah kabid darurat dengan anggota untuk memantau titik banjir di Pekanbaru. Yang difokuskan yakni di Pelita Pantai,” katanya kepada bertuahpos.com, Selasa (9/2/2016).

Kata Hermanto, untuk saat ini di daerah tersebut sudah tidak sering terjadi bencana banjir. Selain itu, didaerah tersebut pada tahun 2014 sampai 2015 akhir tidak ada banjir seperti tahun-tahun sebelum.

Baca: PSSI Tunjuk Simon McMenemy Pelatih Timnas Senior Indonesia

Selain itu, BPBPK sendiri pada bulan November lalu telah membuat tim siaga banjir di Kota Pekanbaru. Tim ini sendiri tidak hanya melibatkan BPBPK saja untuk penanggulangan dan antisipasi banjir, tapi juga melalui dinas terkait, termasuk polisi, TNI, Korem dan pihak provinsi dalam hal ini adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

“Khusus untuk Pekanbaru sendiri memang bencana banjir dikatakan tidak ada. Hujan memang sering, selain itu meski tergenang tapi cepat surut. Sungai Siak sendiri tidak begitu naik volume airnya,” kata Hermanto.

“Kita berharap di Kota Pekanbaru terhindar dari banjir, kebakaran ataupun bencana lainnya.  Dan kepada warga kami juga himbau untuk lebih berhati-hati, terutama pada musim hujan dan selalu membersihkan got secara gotong royong,” tutupnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau memprediksi hujan masih akan mengguyur, Selasa (09/02/2016).

“Pada umumnya cuaca di wilayah Riau Cerah hingga Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau,” kata Kepala BMKG Sugarin, melalui Kepala Seksi Informasi, Slamet Riyadi.

Kepada kru bertuahpos.com disampaikan hujan paling berpotensi turun di wilayah Riau bagian barat, tengah, dan selatan. “Dengan rentang waktu pada siang atau sore dan malam hari,” kata Slamet.

Sebelumnya pihak BMKG telah mengeluarkan peringatan akan kondisi beberapa wilayah Indonesia terutama Riau dan Sumatera Barat (Sumbar) yang masih berada pada puncak musim hujan. (Iqbal)