Peduli Pemulung, Tembilahan Bangun Bank Sampah

Senin, 08 Februari 2016 14:10

BERTUAHPOS.COM (BPC),  TEMBILAHAN – Memperjuangkan nasib para pemulung di Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) Sungai beringin, Tembilahan, dalam waktu dekat akan mendirikan Bank Sampah

Koordinator TPA Sungai Beringin Hendri Budi, mengatakan dihadirkannya bank sampah dalam upaya untuk tempat penyimpanan uang bagi para pemulung yang tidak berorintasi keuntungan.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini, saya akan mendirikan Bank Sampah yang mana nasabahnya pemulung yang berada di TPA,” katanya.

Kehadiran bank sampai itu dengan maksud untuk tempat penyimpanan uang, bagi para pemulung agar saat mereka membutuhkan uang secara mendadak bisa menggunakan uang tersebut.

Baca: 5 Ton Daging Kerbau India Dalam Perjalanan Menuju Pekanbaru

Sebagai contoh, ketika ada anggota keluarga mereka yang sakit, setidaknya dengan mereka menabung uang di bank sampai, para pemulung itu punya simpanan uang yang berfungsi sebagai safety biaya pengobatan. Atau bisa di gunakan untuk hal-hal mendadak lainnya, Minggu (7/2/2016).

” Tentang sistem penyimpanan uang yang akan diterapkan Bank Sampah nantinya, sistem penyimpanan tidak rumit kok, misalnya jika mereka (pemulung) mendapatkan 10 sampai 15 ribu disisipkan 2 sampai 3 ribu buat ditabung”. Jelasnya

Hendry juga mengatakan bahwa, saat ini sedang melakukan pendekatan persuasif kepada para pemulung, agar mereka mau berhimpun dalam rencana tersebut.

Saat ini pendekatan itu sedang dilakukan. Dengan adanya rencana pembentukkan Bank Sampah untuk para pemulung di TPA, diharapkan mampu membantu atau mengurangi beban masalah perekonomian bagi para pemulung di TPA ini. (Fitri)