Partisipasi Masyarakat Riau Dalam Memilih di Bawah 70%

Rabu, 04 September 2013 13:59
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Partisipasi pemilih dalam Pilkada Provinsi Riau masih di bawah 70% melihat pemilih yang telah mendaftar di beberapa tempat pemungutan suara atau TPS.
Â
“Sampai saat ini yang telah mendaftar dan menggunakan hak pilihnya adalah 90 pemilih dari 188 DPT yang terdaftar,” ujar Neltiyanti, panitia TPS 04 RW 02 Kelurahan Tanah Datar Kecamatan Pekanbaru Kota, Rabu (4/9/2013).
Â
Pendaftaran sendiri baru akan ditutup pada pukul 13.00 WIB nanti dan saat ini masih menunggu calon pemilih masih bisa mendaftar.
Â
Dalam proses administratif para pemilih datang dengan menggunakan kartu pemilih beserta formulir C6 sebanyak 83 orang dan ada yang menggunakan KTP sebanyak tujuh orang.
Â
Panitia menjelaskan bahwa aturan ini diperbolehkan asalkan pada KTP tersebut pemilih terdaftar sebagai penduduk setempat. Selain itu pemilih yang memakai KTP juga harus memberikan fotocopy KTP tersebut kepada panitia TPS.
Â
Pada TPS tersebut semua saksi hadir dalam pemungutan suara. Belum ada masalah yang ditemui secara teknis, namun terdapat juga warga yang salah TPS sehingga harus berbalik arah ke TPS yang sebenarnya.
Â
Sementara itu,  di salah satu TPS di kecamatan Sukajadi, tingkat partisipasi politik juga masih di bawah 70%. Dari 475 DPT yang telah menggunakan hak pilih baru sekitar 217 orang per pukul 12.00 WIB.
Â
KPU Riau mengharapkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Riau melampaui 70%. Namun fakta di lapangan menunjukkan satu sampai dua jam sebelum penutupan pendaftaran partisipasi politik bahkan belum menyentuh 50%.
Â
Besar kemungkinan partisipasi akan melebihi 50%, akan tetapi masih sulit diperkirakan apakah partisipasi politik akan mencapai 70% mengingat waktu hanya tinggal satu sampai dua jam.
Â
Sejauh ini kondisi pemungutan suara masih berjalan lancar di kota Pekanbaru dan tidak ditemui adanya kemungkinan konflik.
Â
(bisnis.com)