Nofrizal: Kalau Ada yang Menyimpang, Kita Tegur

Senin, 29 Februari 2016 18:50

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Komisi III DPRD Pekanbaru hari ini melakukan pemanggilan terhadap Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru. Pemanggilan ini  sendiri dijadwalkan untuk mendengar jawaban BKD terhadap mutasi pejabat Eselon III dan IV beberapa waktu lalu.

“Pemanggilan ini terkait adanya mutasi eselon III dan IV kemarin, karena beredar isu saat ini banyak yang isi jabatan itu orang yang tidak sesuai dengan kemampuannya.  Bukan hanya itu, mutasi ini juga ada yang bilang suka dan tidak suka,” katanya kepada bertuahpos.com, Senin (29/2/2016).

Dirinya juga menyoroti adanya mutasi Camat yang juga termasuk dalam mutasi pejabat beberapa waktu lalu tersebut. Karena, kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, tidak serta merta dalam waktu beberapa bulan diganti.

“Camat-camat ini seharusnya diberi semacam kejelasan dalam pekerjaan, apakah dalam bentuk perwako dalam pelimpahan kewenangan. Karena Camat ini kepala pemerintahan, jadi harus ada tanggung jawab. Jangan sampai mereka takut habis itu diganti,” jelas Nofrizal.

Baca: Bupati Siak Buka Pencanangan Bulan Bhakti Bhayangkara

Saat ini, Komisi III sendiri masih menungggu data dari BKD terkait mutasi pejabat tersebut. Meskipun ada kewenangan pemerintah, sebagai lembaga pengawas, hal tersebut perlu dilakukan. “Kalau ada yang menyimpang, tentu kita bisa tegur,” sambungnya.

Disinggung mengenai adanya mutasi jabatan yang sarat dengan kepentingan tertentu, terlebih lagi  mendekati pilkada, Nofrizal sendiri tidak mengetahui adanya hal tersebut. Dirinya hanya mengatakan bahwa hal tersebut sah-sah saja.

“Untuk hal tersebut saya sendiri tidak tahu juga, kalau pemikiran orang ya saya sendiri sah-sah saja. Benar atau tidaknya hal tersebut, tergantung dari wali kota nya,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, DPRD Kota Pekanbaru melalui Komisi III siang ini akan mengagendakan pemanggilan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru. “Kita sudah lakukan panggilan pertama, tapi mereka tidak datang. Maka dari itu, pada hari ini kita kembali menjadwalkan pemanggilan kepada BKD,” kata Nofrizal.

Kata Nofrizal, rapat ini dinilai penting karena, untuk mengetahui informasi yang beredar selama ini, yakni adanya mutasi namun tidak sesuai dengan jabatannya yang diembannya. “Kita ingin mendengarkan pantas atau tidak mereka yang dimutasi kemarin,” sambungnya.

Penulis: Iqbal