MUI Bengkalis Tentang Gerhana Matahari: Ini Peristiwa Langka

Rabu, 09 Maret 2016 10:40

BERTUAHPOS(BPC), BENGKALIS – Masyarakat Bengkalis ramai-ramai untuk melihat fenomena gerhana matahari. Gerhana matahari yang terjadi di Bengkalis hanyalah gerhana matahari sebagian, gerhana yang terjadi sejak pukul 6.30 WIB hingga pukul 07.40 WIB.  Warga Bengkalis yang menyaksikan kejadian langka ini, saat terjadinya gerhana matahari ini masyarakat melakukan sholat sunah gerhana, dan ada juga masyarakat yang langsung melihat kejadian gerhana matahari ini.

Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, mengatakan kepada bertuah pos Rabu(9/3/16), dalam hukum Islam, Sholat Gerhana Matahari, Hukumnya adalah Sunat Mua’akat atau sunat yang hampir wajib dilaksanakan. Namun karena peristiwa ini adalah peristiwa langka dan mungkin terjadi hanya sekali seumur hidup, maka diharapkan seluruh umat muslim dapat mengerjakannya sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT.
 
“Ini adalah peristiwa langka yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup, jadi hendaknya kita lakukan dengan hal-hal yang positif yang sesuai dengan aqidah kita sebagai umat islam,” ujar Amrizal.

Terlihat ramai masyarakat yang coba melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bahkan ada juga warga yang melihat menggunaka kaca yang berwarna hitam.

“Kami mencoba untuk melihat gerhana matahari ini menggunakan kaca hitam, ternyata ia sangat jelas kelihatan.”ujar Zulkarnain salah satu warga yang sedang menyaksikan fenomena ini.

Baca: BBM Turun, Walikota Pekanbaru: Tarif TMP Tetap

Gerhana matahari yang terjadi di Bengkalis bukanlah gerhana matahari total, melainkan hanya sebagian. Ramai masyarakat yang memilih untuk berkumpul dilapangan hanya untuk melihat fenomena alam yang langka ini.

Saat fenomena  gerhana matahari  terjadi cuaca di pulau Bengkalis terlihat sangat redup dan mendung seperti mau turun hujan, tetapi setelah itu cuaca kembali terang.

Penulis: Sifa