MPKS Minta BLH lakukan Pemulihan Rawa dan Anak Hulu Sungai Jantan Siak

Senin, 05 Juni 2017 10:35

BERTUAHPOS.COM(BPC), SIAK– Terkait ikan-ikan yang mati di sepanjang Sungai Jantan Siak Sri Indrapura membuat Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) angkat bicara.

MPKS sangat kecewa dengan Badan lingkungan hidup kabupaten Siak yang saat ini di kepalai oleh Edi Irwan yang tidak peka terhadap pencemaran lingkungan di Sungai Jantan Siak ini.

Melalui Budi Rahmah, bidang lingkungan MPKS, mengaku kecewa dengan apa yang terjadi pada ikan-ikan di Sungai Jantan.

“Kami sangat kecewa dengan kinerja BLH Kabupaten yang tidak peka terhadap lingkungan dan Jika kejadian yang sama terulang lagi kami akan bersama-sama mengantar sampel air dan ikan yang mati ke BLH serta menuntut Bupati Siak” ujarnya kepada bertuahpos.com, Senin (05/06/2017).

Baca: 500 Pengemudi Driver Online di Pekanbaru Bersiap untuk Demo Hari Ini

Budi menambahkan banyak hal yang dapat mencemari air Sungai Jantan Siak, diantaranya limbah pabrik PT.IKPP, konversi perkebunan sawit yang tidak terkontrol karena rawa dan hulu anak sungai yang merupakan DAS berubah fungsi dengan ditanami sawit, serta perawatan sawit yang menggunakan pupuk dan racun yang mengandung bahan kimia.

Selain itu perkebunan akasia di hulu anak sungai juga menjadi penyumbang pencemaran, karena pupuk mereka yang turun ke sungai ketika hujan.

Budi berharap BLH  melakukan pemulihan rawa dan hulu anak sungai di kabupaten Siak dan mempertegas penerapan undang-undang dan peraturan pemerintah mengenai lingkungan hidup.

“Saya sangat meminta agar BLH memulihkan rawa dan hulu anak sungai saat ini yang semakin memperihatinkan, dan pemerintah juga harus tegas menerapkan undang- undang dan peraturan pemerintah yang sudah ada mengenai lingkungan hidup” tutupnya. (bpc13)