Minggu, Penerbangan Diprediksi Lancar

Sabtu, 15 Maret 2014 12:06
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Seluruh Maskapai masih membatalkan penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II  hingga hari ini, Sabtu (15/03/2914). Sebelumnya Komite Operator Maskapai Penerbangan (Airlines Operator Committer/ AOC) di Pekanbaru sepakat menghentikan penerbangan hingga 15 Maret 2014.
 
Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan mengatakan kondisi cuaca mulai membaik dan kemungkinan aktivitas penerbangan Minggu (16/03/2014) kembali lancar. “Karena saat ini jarak pandang 700 meter, membaik dari tadi pagi yang hanya 300 meter,” ujarnya.
 
Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pesawat Lion Air dari Jakarta yang akan mendarat nanti malam ke SSK II. “Kalau kualitas udara bagus, rencananya Lion Air JT 392 akan mendarat ke sini nanti malam,” katanya.
 
Namun Ibnu mengembalikan semuanya kepada keadaan cuaca. “Saat inikan semuanya tergantung cuaca, kalau keadaan cuacanya masih ekstrem kemungkinan jadwal terbang pembatalannya diperpanjang,” tambahnya.
 
Di tempat terpisah General Manager Garuda Indonesia Branch Office Pekanbaru, Mohammad Rizal Pahlevi menyatakan siap melakukan penerbangan kembali. “Kita selalu siap, bila weather smoke di Pekanbaru membaik,” ujarnya.
 
Namun bila keadaan belum baik pihaknya tak bisa juga memaksa melakukan penerbangan. “Karena keselamatan penumpang tidak bisa kita abaikan,” katanya.
 
Sebagai informasi 16 maskapai, 9 di antaranya merupakan pesawat reguler seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Firefly, Air Asia, Tiger Air Mandala, Citilink, Silk Air, dan Sky Aviation sepakat tidak terbang hingga 15 Maret 2014 karena kabut asap tebal. (riki)