Meski Ilegal, Barang Seken Tetap Banyak Peminat

Selasa, 09 Februari 2016 15:52

BERTUAHPOS.COM(BPC), TEMBILAHAN– Selasa (9/2/2016) meskipun ilegal barang- barang bekas atau seken tak pernah kehilangan peminatnya. Selalu banyak masyarakat yang mencari dan membeli.Pasar umbut Kelapa, Jln. Kayu Jati Tembilahan hulu, merupakan salah satu tempat penjualan barang-barang seken ini.

” Orang lebih suka beli Pj (Barang seken) ne dari pada beli baru, Selain lebih murah barangnya juga banyak merek luar. Hari biasa saja saya jualan bisa dapat 70-150 ribu, kalau sabtu minggu bisa lebih karena hari libur”. Ujar Pendi pedagang barang seken

Abah (Pedagang barang seken) juga mengatakan hal yang sama. Pembeli tidak hanya orang tembilahan, pelanggannya banyak juga yang berasal dari luar daerah. Dari rengat ada juga dari Siak.

Salah satu penggemar barang seken menuturkan bahwa barang seken atau Pj lebih bagus dari pada barang baru.

Baca: Elpiji 12 Kilogram Naik, Rumah Makan Tak Berani Naikkan Harga

“Saya lebih sering beli Pj ya dari pada yang baru, kualitasnya lebih bagus kalau yang baru kadang cepat robek, cepat melarnya.kalau yang Pj kan lebih tahan lama sedikit,ya karena harga nya juga jauh lebih murah”.kata Arni pembeli

Menurut para pedagang, peminat barang Pj berasal dari semua kalangan, bukan hanya dari kalangan ekonomi menengah kebawah saja, tapi dari kalangan menengah keatas pun banyak. Apalagi kalau tas- tas bermerek luar. banyak ibu- ibu pegawai yang beli.

Karena harganya yang murah dan produknya yang bagus dan bermerek, barang seken ini tidak pernah hilang dari pasaran meskipun kebanyakan proses masuknya ke Indonesia secara ilegal. Selalu saja ada diperdagangkan dan selalu dicari masyarakat.

Karena banyaknya peminat, pedagang tidak meperdulikan ada nya larangan menjual barang yang ilegal. Padahal dari pihak Bea cukai sering mengagalkan penyelundupan barang seken ini, tapi tetap saja barang seken ini banyak ditemukan di Tembilahan ini.(Fitri)