Meski Belum Ada Laporan, Diskes Rohil Minta Masyarakat Waspada

Jumat, 05 Februari 2016 21:38

BERTUAHPOS.COM (BPC), ROHIL – Virus Zika yang akhir-akhir ini ramai diberitakan menjadi sebuah hal yang menakutkan. Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Dr.Djunaidi Saleh meminta masyarakat untuk menghindari penyebaran virus zika yang penularannya melalui nyamuk aides eigyfty.

Masyarakat perlu waspada dengan membersihkan lingkungan rumah dimana nyamuk bisa berkembang biak. Walauoun di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sendiri belum ada ditemukan virus Zika tersebut. Pasalnya, infeksi virus Zika yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti dapat menyebabkan janin lahir tanpa bentuk kepala dan otak yang lengkap. Penyebarannya sendiri serupa dengan penyebaran virus penyakit demam berdarah Dengue (DBD).

“Penularan virus zika sepertinya untuk wilayah Riau belum ada kasus pasien yang terjangkit. Sampai saat ini kita belum menerima surat edaran dari Menteri Kesehatan tentang masalah tersebut. Hanya saja kita mengharapkan agar masyarakat tetap waspada terhadap penularan virus zika ini dengan lebih memperhatikan kebersihan lingkungan rumah. Karena virus zika dapat tertular melalui nyamuk seperti virus demam berdarah,” jelasnya.

Dengan membersihkan lingkungan rumah terutama daerah yang menyebabkan adanya genangan air berarti kita sudah berupaya dan waspada terhadap penularan berbagai penyakit yang di sebabkan gigitan nyamuk. Apa lagi saat ini sering hujan. Karena bukan hanya virus zika saja yang dapat di tularkan oleh nyamuk tetapi ada penyakit lain seperti virus yang menyebabkan demam berdarah dan penyakit kaki gajah. Kebersihan lingkungan merupakan upaya pertama dalam mencegah datangnya sumber penyakit. Untuk itu di harapkan masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.(Adv/Ar)

Baca: SADC, Dua Malam Berturut-turut Bawakan Enam Tarian di Idrus Tintin