Mengejutkan, Urus Izin Susah, Keinginan Mahasiswa Asing Belajar di Indonesia Meningkat

Rabu, 31 Mei 2017 13:14

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Minat mahasiswa asing untuk kuliah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Tahun ini 2017, terhitung sudah ada sebanyak 6967 surat izin belajar di Indonesia, diterbitkan oleh Kemeristekdik-Dikti.

Seperti yang diungkapkan oleh Dirjen Kelembagaan Patdono Suwignjo, beberapa waktu lalu, setiap minggunya hampir ada sebanyak 150 hingga 500 mahasiswa asing memohon untuk bisa menempuh pendidikan di Indonesia.

Meningkatnya jumlah mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan di Indonesia, jelas sangat mengejutkan. Ini mengingat susahnya kepengurusan proses izin belajar di Indonesia yang cenderung lama dan repot. Untuk mangatasinya, Kemeristekdik-Dikti akan bekerjasama dengan Ditjen Imigrasi melalui beberapa program.

“Kami saat ini bekerjasama dengan Ditjen Imigrasi untuk percepatan izin belajar dan peluncuran Student Visa,” ujar Patdono Suwignjo.

Baca: Lowongan Kerja Karyawan di Fajar Riau Wisata

Adanya aplikasi penerbitan izin belajar daring ini, diharapkan dapat membantu proses pembuatan izin, yang selama ini dianggap lama dan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Menurut Patdono, dulu sebelum adanya izin ini, permohonan calon mahasiswa asing tidak pernah selesai dengan berbagai alasan, seperti dokumen hilang atau membutuhkan waktu dua bulan. (bpc9)