Memberi Sedekah Takjil Perlu Keikhlasan, Hilangkan Sifat “Ria”

Kamis, 08 Juni 2017 12:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, dimana memberi kesempatan terbaik untuk semua umat Islam yang ingin mendapatkan pahala. Bulan suci Ramadan ini, dijadikan umat Islam untuk memberi sebagian rezeki kepada orang yang membutuhkan.

Seperti yang dilakukan Komunitas Ketimbang Ngemis Pekanbaru, yang memberikan takjil kepada anak jalanan dan beberapa pengendara di lampu merah simpang 4 SKA.

Hal ini mereka lakukan bukan hanya sekedar memberi saja, tetapi dengan tujuan mereka memberikan contoh kepada semua orang, untuk selalu memberikan sedekah sekecil apapun yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan.

Seperti yang dikatakan Fakri salah satu anggota Komunitas Ketimbang Ngemis. Memberikan contoh untuk memberikan sedekah sekecil apapun itu dengan bermodalkan ke ikhlas, bukan ria.

Baca: Masalah Fasilitas, Terminal di Inhu Terbengkalai

Baca: Komunitas Ketimbang Ngemis Berbagi Takjil Untuk Anak Jalanan

“Mengajarkan orang lain untuk, berbuat baik dan memberikan contoh kepada orang untuk selalu bersedekah atau memberikan rezeki, yang mereka miliki kepada orang yang membutuhkan. Perlu ke ikhlasan terlebih dahulu dari diri masing-masing dan hindari sifat ria. Jika sifat tersebut sudah ada pada diri kita, rezeki yang kita berikan kepada orang tidak akan mendapatkan pahala bagi kita, mau memberi sebesar apapun uang kepada orang lain, jika itu semua ria, maka tidak akan ada hikmah yang kita dapatkan,” ujar Fakri, kepada bertuahpos.com, Kamis (8/6/2017).

Dan perlu pemahaman lagi mengenai sedekah. Karena sedekah itu tidak hanya di bulan Ramadan saja, tetapi setiap hari di luar bulan ramadan kita juga bisa untuk bersedekah. (bpc11)