Melihat Kesibukan Pasar Suka Ramai sebagai Pusat Grosir Pakaian di Pekanbaru

Minggu, 07 Mei 2017 15:57

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pasar Suka Ramai, atau yang biasa dikenal dengan Ramayana di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, memang selalu ramai dikunjungi.

Pasca musibah kebakaran awal tahun lalu, pihak pengelola Pasar Suka Ramai membuat kios-kios kecil di depan gedung itu. Sementara bagian dalam gedung lama yang terbakar itu tidak bisa difungsikan sama sekali, kecual kios di bagian pinggir.

Advertisement

Pasar Suka Ramai sejak dulu terkenal dengan jualan pakaian harga murah baik dalam bentuk grosir dan eceran. Tapi pasar ini selalu terlenal dengan grosiran pakaiannya. Pas, seperti namanya, pasar ini juga selalu ramai hingga pukul 18.00WIB

Bagi Anda wisatawan lokal maupun mancanegara, harus tahu, sekitar pukul 09.00 WIB, kios-kios kecil ini baru akan dibuka.

Baca: Pengalaman Tahun 2016, TNI Kecolongan Dalam Kasus Penyeludupan di Riau

Pasar Suka Ramai ini memang terkenal sejak lama, bahkan sejak tahun 1999 itu. Sebagian besar masyarakat dari daerah yang pernah berkunjung ke Pekanbaru pada tahun itu, bisa dipastikan pernah mengunjungi pasar ini.

Jika di akhir pekan, jumlah pengunjung di pasar ini biasanya meningkat. Hal itu bisa dilihat dari jumlah kendaraan yang parkir selalu berdesak-desakan. “Jumlah penjualan juga biasanya meningkat kalau diakhir pekan seperti ini, sampai 40% lah,” ujar Sari (30), seorang pedagang pakaian di pasar itu, Minggu (7/5/2017).

Pasca terbakar, pasar ini puanya 2 area parkir. Pertama di bagian depan dan bagian samping arah Timur bangunan pasar. Pasar ini salah satu pasar terpadat dengan aktifitas tersibuk di Pekanbaru.

Menjelang sore, jumlah kendaraan yang parkir di sebelah Timur, bahkan memakan sebagaian ruas jalan Sudirman. Kondisi ini acap kali mengganggu aktifitas pengendara lainnya hingga menimbulkan kemacetan.

Jika masuk dari pintu sebelah Utara, bisa dipastikan Anda akan terjebak mancet, karena luas jalan hanya cukup untuk satu unit mobil saja. Sementara lokasi parkir sepeda motor juga posisikan di pinggir jalan itu. Kalau ada sepeda motor yang akan keluar, maka akan menghalangi pengedara lain yang melintas. Pasca kebakaran, pasar ini tetap saja ramai pengunjung.

Pasar ini memang terkenal dengan goriran baju yang murah meriah. Pasar Ramayana biasanya juga menjadi pusat belanja para pedagang eceran.

Saat menelusuri area pasar, hampir disetiap sudut hanya terlihat kios-kion menjual pakaian. Segala jenis model ada. Bahkan, di sini juga banyak dijual kain bahan pakaian, tidak jauh keluar dari kios, sudah ada kios penjahit yang siap menerima kain bahan Anda untuk diolah penjadi pakaian.

“Jumlah penjualan bisa meningkat sampai 70% pada saat menjelang lebaran. Kebanyakan pengunjung dari daerah. Merska beli baju dengan jumlah banyak biasanya,” ujar Ade, karyawan salah satu tomo grosir di pasar itu.

Disarankan kepada Anda yang ingin berkunjung ke pasar bawah lebih baik menggunakan kostum kaos dan celana pendek biasa saja. Karena ramainya pengunjung saat siang hari tempat ini pengap. Lagi pula dengan kostum itu, Anda lebih mudah untuk mecoba pakaian yang ingin di beli. Selamat berbelanja! (bpc3)

Berita Terkini

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi

Kamis, 21 Januari 2021 12:30

Biden Ogah Ikut Campur Soal Pemakzulan Trump

#JoeBiden #DonaldTrump #pemakzulan

Kamis, 21 Januari 2021 11:50

Berkenalan dengan LQ45 Sebelum Turun Investasi ke Saham

#LQ45 #saham #investasi

Kamis, 21 Januari 2021 11:31

Penertiban Lahan Sawit Ilegal Berjalan Lambat, Visi Riau Hijau Syamsuar Dipertanyakan

#Sawit #LahanSawitIlegal #walhi