Masyarakat Kota Pekanbaru Diminta Tertib Jam Buang Sampah

Senin, 01 Juli 2013 15:59

BERTUAHPOS (PEKANBARU)– Masih banyaknya tumpukan sampah di pinggiran jalan dan sudut pemukiman bukan dikarenakan petugas pengangkut sampah tidak bekerja. Akan tetapi dikarenakan tidak disiplinnya jam buang sampah warga masyarakat Pekanbaru.

Wakil Walikota Pekanbaru menyatakan kalau sampah dibuang sesuai jadwal maka semua akan terangkut oleh petugas . “Karena tidak jarang kita perhatikan sebenarnya mobil sampah sudah mengangkut sampah, tetapi 5 menit lagi datang lagi sampah. Ada lagi sampah yang datang dan ditaruh oleh masyarakat. Ini akibat masyarakat tidak taat sama aturan jam buang sampah,” ujar Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Menurut Ayat, tugas menjaga kebersihan kota dari sampah tidak hanya dibebankan ke Pemerintah tetapi seluruh masyarakat Kota Pekanbaru. Pemko sudah mengeluarkan anggaran besar tiap tahunnya. “Biaya angkutan sampah mencapai 50 miliar, tetapi hasilnya belum maksimal. Makanya kita kedepan akan mengupayakan sistem kerjasama dengan pihak ketiga untuk mengelola angkutan sampah,” terangnya.

Menurut Ayat, sistem ini akan mulai ditetapkan tahun 2014 mendatang. Makanya untuk sementara waktu Ia berharap peran serta masyarakat untuk peduli sangat dibutuhkan. “Kalau sudah ditentukan jam buang sampah tepati jam itu dan ditempatkan di titik tertentu,” harapnya.(Sarwan)

Baca: Perusahaan Daftar Job Expo Pekanbaru Masih Minim