Masyarakat Diminta Aktif Kawal Tindakan Penimbunan Sembako di Pasar

Selasa, 18 April 2017 12:24
Masyarakat Diminta Aktif Kawal Tindakan Penimbunan Sembako di Pasar

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pemprov Riau ingin masyarakat terlibat aktif, dalam melakukan pengawasan terhadap adanya tindakan penimbunan sejumlah komoditi pokok rumah tangga (sembako).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Riau, Dahrius Husein mengatakan, Pemprov Riau butuh peran masyarakat secara luas untuk ikut mengawasi tindakan semacam ini.

Advertisement

“Mengingat menjelang masuknya bulan suci ramadhan apa saja bisa dilakukan untuk mencari keuntungan,” katanya kepada bertuahpos.com, Selasa (18/04/2017).

Dia mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap timbulnya masalah seperti ini dengan menurunkan tim ke lapangan.

Baca: Pilkada Serentak di Riau, PAN Pastikan Buka Penjaringan

Namun demikian, dia mengakui bahwa peran serta masyarakat dibutuhkan atas dasar keterbatasan jangkauan tim tersebut dalam melakukan pengawasan di lapangan.

Baca: Menjelang Lebaran, Penjual Sembako Diminta Untuk Tidak Berlebihan Naikkan Harga

“Kalau dari kami sudah pasti akan ada tim yang diturunkan untuk melakukan pantauan harga pasar itu,” tambahnya.

Dahrius Husein mengatakan bila ada masalah terhadap salah satu komoditi kebutuhan masyarakat ini, barulah akan dilakukan kerjasama dengan instansi terkait, seperti terjadi kelangkaan beras.

“Kalau sudah seperti itu barulah kita minta kerjasama Bulog untuk melakukan intervensi harga sembako,” tambahnya. (bpc3)