Malam Ini Gubri Rapat Bahas Karhutla

Kamis, 20 Februari 2014 11:44

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemperintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengadakan rapat membahas permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyebabkan kabut asap terus melanda Riau setiap tahunnya. Rencananya malam ini Gubernur Riau (gubri) Annas Maamun akan membahas permasalahan tersebut. 


“Malam ini kita akan rapat untuk membahas kabut asap. Meskipun sekarang titik api sudah berkurang. Tinggal 27 titik lagi,” ungkap Gubernur Riau kepada bertuahpos.com, Kamis (20/02/14).


Ia menambahkan, asap muncul karena ada karhutla terutama lahan gambut. Sehingga, meskipun api sudah mati tapi asap masih saja tetap keluar. Untuk itu, pemprov Riau akan membahasnya bagai mana cara mengatasi asap itu.


“Ini lah nanti akan kita pelajari, bagamana caranya agar kejadian ini tidak terulang lagi. Termasuk mengatasi hingga ke desa-desa,” ujarnya.

Baca: Semangat Kemerdekaan, Yuk Berbagi Nasi Seputaran Pekanbaru Malam Ini


Salah satu caranya adalah dengan membuat suatu organisasi pemadam kebakaran yang permanen sampai ke desa-desa. Bahkan alat-alat pemadam kebakaran harus ada di desa-desa.


“Kalau perlu organisasi ini kita beri honor biar mereka bekerja setiap adanya kebakaran. Bila perlu kita buat aturannya agar organisasi ini berpayung hukum” tegas Anas.(syawal)