Lowongan Sektor Perdagangan dan Jasa Dominasi Job Expo

Senin, 16 Juni 2014 14:01

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Dari ribuan lowongan yang ada, sektor perdagangan dan jasa lebih mendominasi di Job Expo 2014 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko).

Dalam acara yang akan berlangsung selama empat hari ini setidaknya diikuti oleh 70 perusahaan skala nasional dan daerah. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pekanbaru, Jonny Sarikoen kepada bertuahpos.com.

“Pada perhelatan job expo tahun ini menyediakan 5.094 lowongan kerja dari 70 perusahaan nasional dan daerah,” ujarnya di Hotel Mutiara Merdeka, Senin (16/6/2014).

Jumlah partisipasi perusahaan pada tahun ini meningkat bila dibandingakn dengan tahun 2013, yang hanya diikuti 67 perusahaan.

Baca: Kasus Mundurnya Delapan Kapuskesmas, Wako: Belum ada Laporan

Job Expo ke lima ini sekaligus meramaikan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 230 tahun pada 23 Juni 2014 nantinya. Sektor-sektor yang membuka lapangan pekerjaan antara lain, Pertanian 118 lowongan, Industri dan pengolahan 85, Perdagangan dan jasa 2.591 lowongan, keuangan 1.068 lowongan dan jasa lainnya sebanyak 1.232 lowongan.

Pertumbuhan sektor perdagangan dan jasa memang memang terlihat tumbuh pesat di Kota Bertuah. “Kalau yang industri di Kota Pekanbaru masih sedikit, dalam artian skalanya masih kecil, sehingga masih kala bila dibandingkan daya serapnya dengan Perdagangan dan Jasa,” sebut Jonny.

Dirinya berharap dengan iven ini bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Pekanbaru. “Kita harapkan daya serap 5000 orang tiap tahun, sehingga angka pengangguran bisa terus di tekan hingga ke angka empat persen,” sebutnya. Saat ini tingkat pengangguran yang terdata cukup tinggi sebanyak 29.300.

Dalam sambutannya, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menyatakan job expo merupakan upaya pemerintah kota dalam menekan angka penggangguran. Ia mengharapkan partisipasi dari perusahaan yang beroperasi di Kota Bertuah untuk menyampaikan informasi lowongan secara terang-terangan.

“Karena ada sebagian tanggapan, perusahaan cenderung seperti diam-diam bila membuka lowongan pekarjaan. Sehingga peluang anak muda tempatan untuk mendapatkan kerja yang tepat sangat kecil,” sebutnya. Sehingga dengan job expo yang disenggarakan pemerintah bisa membuka peluang sebesar-besarnya kepada anak muda tempatan mendapatkan profesi yang sesuai. (riki)