Lahan di Parit Indah Terbakar

Sabtu, 29 Juni 2013 11:09
Lahan di Parit Indah Terbakar
BERTUAHPOS.COM – PEKANBARU – Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di sejumlah titik di Pekanbaru, hingga kini masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. Bahkan selama sepekan ini, penyidik telah menemukan tujuh titik api.
Tiga diantaranya, berada di wilayah hukum Polres Kampar, yaitu di Jalan Parit Indah yang menghubungkan Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.
Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Arif Fajar Satria kepada Tribun, Jumat (28/6) mengakatan, selain di Jalan Parit Indah, empat titik api lainnya berada di Jalan Air Hitam, Kelurahan Labuh Baru, Kecamatan Payung Sekaki.
Di sana, kata Arif, yang terbakar yaitu lahan kosong yang ditumbuhi gambut. “Saat ini, api di lahan gambut itu telah kita padamkan dengan mobil water canon milik Polresta Pekanbaru,” ujarnya.
Kemudian di Jalan Labersa sebelah kiri, yang ada di Kecamatan Bukitraya, lahan sawit milik Imran yang terbakar. Luas lahannya, mencapau 1 hectar. Tapi saat diintrogasi, Imran mengaku tidak membakar lahannya.
“Dari pengakuan Imran ini, kita menyimpulkan bahwa lahan milik Imran terbakar bukan sengaja dibakar. Sebab, tidak mungkin juga Imran nekat membakar lahan sawitnya yang telah berusian  sekitar tiga tahun itu,” bebera Arif.
Meskipun hingga kini pihaknya belum menemukan siapa pelaku pembakaran itu, namun Arif menyebutkan bahqa penyidik, hingga kini masih terus melakukan penyelidikan. “Jika nantinya diketahui bahwa lahan tersebut sengaja dibakar, maka akan kita proses sesuai hukum yang berlaku,” tuturnya. (tribunpekanbaru.com)