Kurang Pasokan, Harga Ikan Naik

Sabtu, 22 Februari 2014 09:02
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Harga ikan di pasaran naik sejak beberapa hari yang lalu. Hal itu disebabkan kurangnya pasokan ikan dari para nelayan. 
 
Seperti yang disebutkan Andre, pedagang ikan di Pasar Cik Puan kepada bertuahpos.com, Sabtu (22/02/2014). “Ada kenaikan pada harga ikan, tapi tidak begitu tinggi,” katanya.
 
Di lapak Andre menjual ikan tongkol lebih mahal Rp 2000 ribu dari biasanya. “Normalnya perkilogram itu (ikan tongkol) Rp 20ribu tapi sekarang jadi Rp 22ribu,” jelasnya.
 
Di pasar yang sama Romi, menuturkan hal serupa. Ia mengatakan kenaikan harga khususnya ikan sudah terasa sejak sepekan terakhir. “Karena ikannya lagi sepi,” katanya.
 
Romi tidak tahu pasti penyebab kenaikan ini. “Ada yang bilang karena sedang bulan terang, jadi susah nelayan dapat ikan,” tuturnya.
 
Kenaikan ini juga berdampak pada minat beli masyarakat yang berkurang. Kata Romi terkadang jelanh tengah hari ikan tongkol yang dijualnya masih banyak tersedia. “Yang beli masih ada juga. Tapi jumlahnya pembeliannya saja yang berkurang,” tutupnya. (riki)