Kesadaran Masyarakat Rendah Jaga Kesehatan

Kamis, 23 Januari 2014 19:01

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT  mengatakan, pertumbuhan Rumah Sakit (RS) di Pekanbaru kian menggeliat beberapa tahun terahir. Namun, Firdaus sangat menyayangkan, pertumbuhan RS tersbut di karenakan rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Demikian hal itu dikatakan Firdaus, Rabu (22/1/14). Baginya, hal itu menjadi pertanyaan besar. Apakah dengan bisnis yang begitu baik dan semarak, dan diminati investor  menjadi suatu kebanggaan. Ini yg harus menjadi PR bagi pemko, dan masyarakat Pekanbaru. “Kalau lah tingkat kesadaran kesehatan yang tinggi, alhamdulilah, kerumah sakit itu bukan karena sakit, tapi karena cek up. Tapi kalau ke RS itu karena sakit, ini sangat berbahaya, berarti tingkat kesadaran masyarakat sangat rendah” cetusnya.

Dikatakannya, ada beberaap pendekatan yang harus dilkakukan agar masyarakat Riau mau memperhatikan kesehatannya. Salah satunya dengan cara pendekatan promosi. Pendekatan ini bisa dilakukan dengan memberikan edukasi, sosialisasi, pemahaman, dan merubah mensite masyarakat untuk peduli dengan kesehatan.

Yang kedua, melalui pendekatan preventif, yakni pencegahan untuk mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, bagai mana membangun, menciptkan dan dimanapun berada agar menjaga keasrian langkungan sekitar.

Baca: Banjir Riau, Produksi Padi Dipastikan Turun

Peran penting yang ketiga adalah peran rumah sakit. Rumah sakit merupakan salah satu institusi penting dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. (Syawal)