Kerabat Napi: Untuk Beribadah pun Harus Bayar

Minggu, 07 Mei 2017 10:23

BERTUAHPOS.COM (BPC), BANGKINANG – Tidak hanya keluarga tahanan saja yang mengatakan adanya pungli, tetapi para kawan kerabat tahanan di Rutan kelas IIB pekanbaru, Riau juga kesal dengan adanya pungli disana.

“Iya benar sekali, sewaktu saya membesuk teman saya dengan kasus Narkoba disana, T sebagai kerabat D mengatakan bahwa disana untuk makan harus bayar, tidur harus bayar, dan lebih parahnya lagi beribadah sholat ke musholla pun harus bayar. Jadi ini lapas untuk pembinaan atau bagaimana sih? Saya yang mendengarkan curhat teman saya saja menjadi geram dan kesal, oke kalau mereka orang kaya dan berduit, nah jika orang miskin? Mereka gak makan dong? Gak sholat? Bahkan juga tidur dilantai?”
 
E sebagai abangnya D juga menambahkan bahwa minggu kemaren saya ke lapas untuk pengurusan pindah kamar adik saya dan harus membayar 2 jt, karena adik saya menceritakan bahwa di dalam sel sangat sesak dan pengap. Kenapa tidak? Kapasitas rutan yang hanya menampung 1.870 orang dari daya tampung 361 tahanan. Dimana dalam satu sel diisi 10-15 orang, malah diisi 30 orang dalam satu sel. Untuk itu saya harus menunggu antrian seperti menunggu kamar hotel yang lagu kosong. Dan tak tanggung-tanggungnya lagi, adik saya juga menceritakan “bahwa untuk menelpon keluarga pun kami kami harus bayar sebesar Rp 200.000” memang pungli biadab. Ungkapnya
 
Sekarang apa boleh buat? Lebih dari 400 tahanan yang melarikan diri dan sudah kembali sekitar 270 orang. 
 
Berdasarkan dari keterangan tahanan, mereka juga sering diperlakukan tidak baik dan korban penganiayaan dari petugas dan kepala pengamanan terhadap beberapa teman tahanan saya. Ungkap D. (Bpc16)

Berita Terkini

Minggu, 07 Juni 2020 16:00

Inilah Cerita Film Godzilla, Bioskop Spesial Trans TV Malam ini

GODZILLA, BERTUAHPOS.COM – Tahukah Anda, cerita film Godzilla ini berkisah tentang sebuah kapal nelayan Jepang yang sedang berlayar dan secara tiba-tiba diserang makhluk raksasa yang…

Minggu, 07 Juni 2020 12:25

Mekkah Terlarang Dimasuki Non Muslim?

#ISLAMPEDIA

Minggu, 07 Juni 2020 10:26

Mengapa Hutan Bakau Sangat Penting?

#LINGKUNGAN

Minggu, 07 Juni 2020 09:21

Singkirkan Sejenak Gadget, Bukalah Buku

#MEMBACA