Kelompok Teroris Berafiliasi dengan ISIS Terpetakan

Rabu, 27 September 2017 14:39

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kelompok teroris berafiliasi dengan ISIS terpetakan. Pekerjaan yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

Mereka sudah menyelesaikan buku putih mengenai pemetaan risiko tindak pidana pendanaan terorisme. Terutama berkaitan dengan jaringan domestik yang terafiliasi dengan kelompok ISIS. Hal ini dikatakan oleh Kepala BNPT Suhardi Alius, Rabu (27/9/2017), seperti dilansir dari kompas.com.

Dia mengatakan, hadirnya buku putih ini sebagai landasan bagi setiap lembaga kementerian yang kerjanya berhubungan dengan penanganan terorisme di Tanah Air. Misalnya saja, buku ini bisa menjadi pegangan Tim Densus 88 Anti Teror dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca: Sumbangan Dana Untuk Teroris Itu Berkedok Kegiatan Amal

Baca: Diduga Saos Berpewarna Tekstil, Disperindag Tunggu BPOM

Alius menyebutkan dokumen dalam buku putih itu bisa menjadi pedoman dalam menyusun kebijakan. Kini ISIS masih menjadi ancaman bagi negara. “Sejak tahun 2014, dalam catatan BNPT terjadi peningkatan jumlah penanganan perkara pendanaan yang melibatkan ISIS. Inilah dasarnya bahwa ISIS masih menjadi ancaman,” katanya. (bpc3)