Kekurangan Personil dan Biaya jadi Kendala Bagi Satpol PP

Rabu, 20 Januari 2016 11:10
Kekurangan Personil dan Biaya jadi Kendala Bagi Satpol PP

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan hal yang terpenting bagi pemerintah Kota Pekanbaru. Pasalnya Satpol PP sendiri bertugas sebagai penegak peraturan daerah (Perda) di Pekanbaru.

Di tahun 2016 ini, Satpol PP Kota Pekanbaru lebih fokus kepada pencegahan-pencegahan agar tidak ada yang melanggar Perda di Kota Bertuah tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian.

Advertisement

“Di tahun 2016 tentu kita akan mengupayakan dan meningkatkan intensitas penegakan perda. Karena di  2015 sendiri kita banyak ke penertiban, makanya 2016 berkonsentrasi melalui upaya pencegahan terhadap pelanggaran perda,” kataya kepada bertuahpos.com, Rabu (20/1/2016).

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Satpol PP Pekanbaru adalah melalui patroli rutin yang akan dilakukan secara insentif. “Biasanya kita patroli satu hari tiga kali, untuk tahun ini kita akan melakukan patrol sebanyak enam kali dalam sehari,” jelas Zulfahmi.

Baca: Waktu Verifikasi Berkas Peserta Lulus CPNS 10 Hari, Kalau Lewat, Gugur!

Selain melakukan patrol rutin, razia-razia juga akan dilakukan dalam upaya menegakkan ratusan perda yang ada di Pekanbaru. Meskipun memiliki tugas yang berat, Satpol PP sendiri masih mengalami berbagai kendala seperti kekurangan personil, saran dan prasarana serta biaya operasional.  Namun demikian, pihaknya terus mengoptimalkan hal yang ada saat ini.

“Memang disatu sisi kita dituntut untuk melakukan penegakan perda yang ada di Pekanbaru, kekurangan personil , sarana prasaran dan biaya memang menjadi tantangan. Tapi ya kita harus mengoptimalkan apa yang ada saat ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah meminta kepada Pemko Pekanbaru untuk melakukan penambahan personil Satpol PP Pekanbaru sebanyak 200 orang.  Selain itu, untuk penambahan personil tersebut juga harus sepengetahuan DPRD.

“Tahun lalu memang kita tidak jadi melakukan perekrutan untuk penambahan personil. Kita sudah beri tahu juga kepada Pemko dan DPRD untuk menambah personil kita 200 orang lagi. Kita tunggu saja nanti perkembangannya,” tutup Zulfahmi.

Sebagaimana diberitakan, rencana perekrutan personil Satpol PP Pekanbaru terancam batal pada 2015 lalu. Hal ini dikarenakan belum jelasnya pagu anggaran yang diperuntukkan membayar gaji anggota baru. (iqbal)