Kabut Asap Menyelimuti Bandara Sultan Syarif Kasim II

Senin, 26 Agustus 2013 14:15
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Provinsi Riau kembali diselimuti kabut asap yang diindikasi sebagai dampak dari peristiwa kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.
 
 “Namun kabut asap kali ini belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru,” kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan seperti dikutip Antara Pekanbaru, Senin (26/8).
         
 Ibnu mengatakan, jarak pandang akibat kabut asap tersebut masih “tersisa” sekitar seribu meter, dimana inisiatif pilot untuk mendarat atau mengudara masih dibutuhkan.
       
“Kalau dia (kabut asap) menyisakan jarak pandang kurang dari 500 meter, baru biasanya inisiatif pilot tidak berlaku. Seluruh penerbangan akan dialihkan atau bahkan dihentikan,” katanya.
         
Namun yang terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 06.00 hingga 07.00 WIB, kata Ibnu, masih dalam kondisi yang belum fatal sehingga penerbangan masih berjalan lancar.
           
“Kalaupun terjadi ‘delayed’ atau penundaan penerbangan atau kedatangan, itu karena masalah teknis maskapai, bukan karena asap,” katanya.
 
Gangguan di Bandara SSK II Pekanbaru akibat kabut asap yang merupakan dampak dari peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau telah berulang kali terjadi bahkan setiap tahunnya.
 
sumber: tribunpekanbaru