Kabut Asap, Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Kamis, 06 Februari 2014 13:41
Â
BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Kabut asap kembali lagi melanda Provinsi Riau, termasuk di Pekanbaru. Untuk meminimalkan efek negatif kabut asap, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin kepada Wartawan, Kamis (6/2/2014) mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati.
Warga dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Apabila memang harus keluar rumah, sebaiknya menggenakan masker.
Kabut asap sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Untuk itu, Dinkes di kabupaten dan kota harus proaktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak yang timbul.
“Apabila ada kasus seperti ini, dinas kesehatan akan segera mengirim surat ke kabupaten kota untuk mewaspadai dampak dari asap. Ketika mereka tidak sanggup menagani kekurangan masker dan lainnya, Dinkes Riau akan membantu dengan buffer stock masker yang ada di provinsi,” terang Zainal.
Hingga saat ini belum ada dinas kesehatan kabupaten kota yang melakukan permintaan terhadap ketersedian masker. Artinya mereka masing bisa menangani masalah asap di kabupaten masing-masing.Â
Â
“Kita juga telah melakukan koordinasi dengan dinas kehutanan agar masyarakat tidak membakar lahan. Jika ada lahan yang sudah kebakaran, harus langsung berkordinasi ke sektor terkait,” ujarnya.(Syawal)
Â