KA KPN Riau Sosialisasi Tanaman Hidroponik ke SMK 1

Sabtu, 06 Februari 2016 13:28

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara ( KA KPN Riau)  melakukan sosialisasi tanaman hidroponik kepada puluhan siswa siswi di SMK 1 Pekanbaru, Sabtu  (6/02/2016). Diharapkan para siswa dapat memanfaatkan peluang membudidayakan tanaman hidroponik di tengah keterbatasan lahan.

Dalam rangka menumbuhkan minat para pemuda khususnya para Siswa siswi untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan  KA KPN  memperkenalkan cara bercocok tanam yang ramah lingkungan yaitu Hidroponik. Hidroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Keuntungan dari hidroponik adalah tanaman tumbuh cepat, menghasilkan rasa yang luar biasa, dapat tumbuh sepanjang tahun. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa yang melatarbelakangi adanya tanaman hidroponik karena berkurangnya lahan, semakin tinggi permintaan akan sayuran organik, mengelola limbah sampah, dan hidup sehat.

Cara penanaman hidroponik tidak begitu sulit dan biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Semua orang bisa memanfaatkan pekarangan untuk lahan budi daya tanaman hidroponik.  KA KPN juga mengadakan diskusi tentang climet change (perubahan iklim) yang dimana climate change menjadi permasalahan dunia saat ini dan masa yang akan datang. Selain itu siswa siswi juga di beri ispirasi tentang peran pemuda untuk selalu mencintai Indonesia dengan aksi dan solusi.

Baca: Upah Dipotong Rp 500 Ribu, Sampah Menumpuk di Taman Puswil

Sepeti yang disampaikan Ibnu Khalid, alumni KA KPN kepada kru bertuahpos.com. “Kegiatan ini sangat positif diharapkan bisa menginspirasi para pemuda untuk mencintai lingkungan, selain bisa mengurangi sampah botol minuman plastik kita juga bisa mengkonsumsi sayuran yang segar dan apa lagi bila setiap siswa siswi mencoba menanam di pekarangan rumah bisa saja nantinya jadi gerakan masal seperti kampung hidroponik yang di mana warganya bisa menghemat pengeluaran membeli sayur bahkan bisa menjualnya ketika panen pastinya juga akan dapat menambah pendapatan masyrakat,” sebutnya.

Kegiatan ini di sambut Positif oleh pihak sekolah SMK 1 Pekanbaru. Para siswa siswi terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti sosialisasi ini, tak hanya mendapatkan materi tentang pembuatan, pengolahan hingga penanaman saja. Namun juga  mempraktikkan langsung dengan didampingi oleh para Alumni Kapal pemuda Nusantara.  (Rilis/Riki)