Jembatan Penghubung Kota Panjang Dengan Akses Luar Selesai Dibangun

Jumat, 04 Maret 2016 14:47

BERTUAHPOS.COM, TANAH DATAR,- Mimpi masyarakat Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datara memiliki jembatan permanen yang menghubungkan Koto Panjang dengan akses luar akhirnya terwujud setelah Jembatan Rajo Mentari selesai dibangun. Maka setelah jembatan yang dibangun di atas hulu Sungai Batang Sinamar itu selesai dibangun, Jumat, (04/03/16) warga menggelar syukuran, dengan menyembelih sapi.

“Inilah mimpi masyarakat kami selama ini, setelah menunggu puluhan tahun akhirnya kami dapat menikmati kelancaran akses lalu lintas, dan insya allah besok secara resmi jembatan Rajo Mentari ini akan diresmikan Gubernur,” ungkap Wali Nagari Tigo Jangko Indra Gunalan didampingi Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tigo Jangko H. MY. DT. Paduko Kayo kepada bertuahpos.com.

Syukuran Ini kata Indra berlangsung sederhana dengan menyembelih sapi untuk mendarah darahi jembatan, hal ini ujar Wali Nagari masih dipercaya sebahagian masyarakat.

“Warga cukup antusias terhadap jembatan baru tersebut karena sudah bertahun-tahun mendambakan pengganti jembatan darurat ini, dan kami ucapkan terimakasih atas partisipasi tokoh masyarakat Hendra Irwan Rahim yang telah memberikan bantuannya,” ujar Indra.

Baca: Warga: Sudah Dilaporkan, Tapi Tidak Ada Tanggapan dari Pihak Sekolah SDN 141 Pekanbaru

Jembatan Rajo Mentari ini, dibangun sepanjang 60×5 meter menghubungkan Koto Panjang dengan akses luar, yang telah menghabiskan dana sekitar Rp 12,5 Milyar yang berasal dari APBD dan dan APBN Provinsi Sumatera Barat.

Selain menghubungkan sebagai akses transportasi, tersebut jembatan itu juga bisa menjadi jalur alternatif menghubungkan antara dua daerah antara Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Tanah Datar.

“Mudah mudahan besok (Sabtu, 05/03/16) jembatan ini akan diresmikan oleh Gubernur Irwan Prayitno dan akan dihadiri oleh Kepala Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat dan Muspika dan masyarakat sekitarnya,” tambah Indra Gunalan.(doy)