Jelang Lebaran, Pasar Bawah Pekanbaru Diserbu Pengunjung

Minggu, 04 Agustus 2013 04:56
Jelang Lebaran, Pasar Bawah Pekanbaru Diserbu Pengunjung
BERTUAHPOS.COM – PEKANBARU – Jelang lebaran, salah satu pusat belanja yang diserbu warga Riau adalah Pasar Bawah alias Pasar Wisata. Di sana gudangnya karpet asal luar negeri dan pernak-pernik perhiasan rumah.
Siapa yang tak tahu dengan Pasar Bawah di Pekanbaru. Lokasi pasar wisata yang berada di Kecamatan Senapelan ditepi sungai Siak ini selalu padat dikunjungi jelang Hari Raya Idul Fitri, seperti hari ini. Di sana seakan letak ‘syurga’ bagi kaum ibu-ibu.
Pasar ini menjual berbagai kebutuhan alat-alat dapur serta kebutuhan pernak-pernik untuk lebaran. Misalkan tersedia berbagai macam toples yang unik-unik. Bentuknya yang nyentrik itu bakal menggoda pengunjung.
Ini belum lagi bentuk gelas hias, cangkir hias, serta tempat kue lebaran. Berbagai pernak pernik lebaran ini, saat ini diserbu para pengunjung.
Begitu juga dengan karamik yang juga tak kalah menantangnya untuk diborong. Maklum saja, sebagian besar pernak-pernik tersebut berasal dari luar negeri. Misalkan dari Timur Tengah, Eropa dan Malaysia.
Selain itu, bagi pecinta karpet juga bisa menjelajah di Pasar Bawah yang sudah ada sejak zaman kesultanan Siak yang membuka kota Pekanbaru.
Karpet yang tersedia di sana ada prodak lokal namun tetap didominasi produk luar negeri. Karpet asal Timur Tengah yang menggoda itu paling banyak diserbu. Terutama menjelang lebaran ini.
“Omzet penjulan karpet kita memang lumayan laris manis. Kita sejak awal sudah stok bahan sejak dua bulan lalu. Kita sengaja meminta kiriman dari agen karpet dari Timur Tengah dan sebagian dari Eropa, Malaysia,” kata Ujang Imron (56) pemilik toko karpet itu kepada detikRamadan, Sabtu (3/7/2013).
Karpet di Pasar Bawah paling diserbu, karena banyaknya produk luar negeri. Harganya relatif lebih murah dibanding di kota manapun di Indonesia. Malah kadang karpet atau keramik dari Pasar Wisata ini selalu dijadikan buah tangan para pejabat.
“Kita melayani juga para langganan kita dari seluruh Riau. Karena yang namanya karpet luar negeri di pasar ini gudangnya. Tak hanya itu, keramik dan pernak pernik lebaran paling lengkap yang di pasar ini,” kata Ujang.
(detik.com)