Januari, Bus TMP Rugi 98 Juta

Kamis, 13 Februari 2014 11:17
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Akibat waktu tunggu (headway) yang terlalu lama, Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) mengalami kerugian sebesar Rp 98 juta di bulan Januari 2014.Direktur PD Pembangunan, Heri Susanto,  Rabu (12/02/2014) kemarin mengatakan, kerugian tersebut disebabkan penurunan jumlah penumpang TMP yang cukup signifikan.Â
Â
“Setelah kita evaluasi, ternyata selama Januari kita kehilangan penumpang sebanyak 32.700 orang. Jumlah tersebut paling banyak dialami di koridor tiga dan tujuh,” katanya. Heri menaksir kerugian dari berkurangnya penumpang mencapai Rp 98 juta selama.
Â
Kebutuhan masyarakat akan Bus TMP terus meningkat. Namun sistem headway yang tak sesuai harapan menyebabkan penumpang memilih naik transportasi massal lain. Hal ini dikarenakan penambahan 25 unit TMP yang belum terealisasi.Â
Â
Heri merinci, saat ini ada 50 unit TMP yang harus melayani 7 koridor. Jumlah tersebut masih kurang, sehingga jarak tunggu satu bus dengan bus lainnya terlalu  jauh. Bahkan ada yang sampai 120 menit atau dua jam.
Â
Untuk itu pihaknya akan terus menggesa penambahan unit TMP. “Karena jika dibiarkan terlalu lama berlarut-larut, nanti akan sulit lagi mengembalikan kepercayaan masyarakat pada TMP,” tambahnya. (riki)