Jalur Sumbar Riau Putus. Bagaimana Harga Sembako Riau?

Selasa, 09 Februari 2016 13:29

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Banjir yang menerjang sebagian kecamatan Pangkalan Kota Baru kabupaten Lima Puluh kota Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) sempat memutuskan akses jalan menuju Sumbar-Riau. Lantas apa yang akan terjadi dengan harga sembako di Riau, mengingat beberapa pasokan sembako berasal dari daerah tersebut.

Menurut pedagang pasar Cik Puan Pekanbaru Yeti mengatakan, informasi tersebut juga telah sampai ketelinga para pedagang, mereka khawatir sebab beberapa pasokan seperti beras, cabai dan sayuran berasal dari Sumbar.

“iya kabarnya di pangkalan jalan putus, efeknya pasti harga cabai bukit ini yang akan melambung siap siap aja kita,” sebutnya Selasa (9/2/2016).

Tak hanya itu saja, menurut wanita berusia 42 tahun ini. Kedaan tidak menentu seperti sekarang ini sering dimanfaatkan pedagang   berspekulasi mengenai harga. “Kabarnya harga cabai dan beras dari Sumbar bakal naik, cepat cepat lah belanja hari ini, sekarang aja ada beberapa pedagang yang memanfaatkan situasi menaikkan harga ni,” tambah Yeti.

Baca: Berikut Daftar Pemenang Lomba Rebana se-Pekanbaru yang Ditaja Bertuahpos.com dan Shirotol Jannah

Namun, menurut pedagang Cabe di pasar Kodim, Jejeng, mengatakan kenaikan harga cabai belum terjadi, kenaikan baru terjadi pada komoditi jenis sayuran.

“Kalau hari ini, cabe belum ada kenaikan, masih normal, kalau sayur saya akui iya naik Rp 2-3 ribu,” sebutnya.

Kenaikan harga sayur ini terjadi mengingat komoditi sayur tidak bisa diatok terlalu lama, sehingga perputaran komuditi sayur yang paling cepat atau lebih dulu mengalami kenaikan jika jalur Sumbar Riau sedang bermasalah.

“Sayur ini kan barangnya cepat busuk, gak bisa distok lama lama, kalau seperti cabai, tomat itu masih bisalah beberapa hari,” Tambahnya.

Menurut Jejen, pasokan sayur dari Sumbar yang masuk ke Riau membantu kebutuhan konsumen sekitar 50 persen. Sedangkan cabai tidak begitu berpengaruh hanya sekitar 30 persen saja pasokan cabe masuk ke Riau.

“Kalau cabai tidak begitu berpengaruh lah, karena masih ada alternatif cabe merah Medan kita masih bisa pakai, kalau cabe Bukit mahal, sedangkan beras, seperti beras Mudik dan Anak Daro mungkin akan terjadi sedikit kenaikan,” sebutnya.

Pedagang berharap, konsumen Riau, di Pekanbaru khususnya jangan terlalu panik dengan kenaikan harga, sebab jalur Sumbar Riau yang diterjang banjir di daerah pangkalan tidah putus sama sekali, masih memiliki jalur alternatif.

Untuk akses bagi pengendara Sumbar Riau ataupun sebaliknya dapat menempuh akses ruas jalan Kiliran Jao kabupaten Solok Provinsi Sumatra Barat.  (nova)