ISIS Ancaman Bagi NKRI

Selasa, 05 Agustus 2014 09:15

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menilai kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karenanya, kelompok tersebut tidak boleh berkembang di Indonesia.

ISIS tidak boleh berkembang di Indonesia, dan kalau sampai berkembang repot negara ini,” ujarnya saat menggelar Halal Bihalal di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 3 Agustus kemarin.    

Menurut Panglima, Indonesia merupakan bangsa yang pluralis. Oleh sebab itu, jika dibiarkan keberadaan ISIS sangat meresahkan dan bisa membuat bangsa Indonesia menjadi terpecah belah.

Di samping itu, Panglima TNI juga khawatir jika kelompok ISIS tidak segera diantisipasi, maka berpotensi menimbulkan gerakan makar.     

Baca: PT RAL Kehilangan Kepercayaan, Audit BPK Stagnan

Menko Polhukam Djoko Suyanto telah menyatakan pelarangan paham ISIS di Indonesia. Pelarangan ini merupakan hasil dari rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin.

Pasalnya, paham ISIS dinilai bertentangan dengan Pancasila. Oleh karena itu Indonesia tidak boleh menjadi tempat persemaian paham ISIS. Setiap upaya pengembangbiakan paham ISIS itu harus dicegah.(sindonews)