Ini Penyebab Aktivis Ormas Sumbar Meninggal Dunia

Jumat, 26 Februari 2016 17:46

BERTUAHPOS.COM ( BPC) TANAH DATAR – Innalillahi wainnalillahi rojiun, Salah seorang tokoh masyarakat Lintau Kabupaten Tanah Datar yang dikenal sebagai aktifis salah satu organisasi masyarakat di Sumatera Barat, Amir Dian (56) atau dikenal dengan sapaan Bang Adik, meninggal dunia dalam perawatan di RSU M. Djamil Padang, Jumat (26/02) sekira pukul 05.00 Wib.

Aktifis partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumatera Barat yang cukup dekat dengan bebetapa kepala daerah di Sumbar ini dikabarkan telah menjalani perawatan di rumah sakit sejak tiga hari yang lalu lantaran menderita sesak nafas.

“Memang sepulang dari Jakarta Almarhum sempat mengeluh sesak nafas dan dilarikan ke rumah sakit, dan hari ini jua akan disemayamkan di rumah duka Jalan Bakti Abri RT/02 RW/05 Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Padang,” ujar salah seorang adik almarhum Das kepada bertuahpos.com, jumat (26/02) pagi.

Amir Dian, sosok sederhana dan idealis ini semasa hidupnya aktif di lembaga swadaya masyarakat yang menentang diskriminasi dan korupsi di lembaga pemerintahan, beberapa waktu lalu almarhum dikenal melakukan demo tunggal menentang kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. Bebetapa tahun terakhir, lulusan Fakultas Sastra Inggris Universitas Bung Hatta ini aktif sebagai kader partai Nasdem dan sempat mencalonkan diri sebagai wakil rakyat periode 2014-2019 lalu.

Baca: Ribuan Hektar Lahan ‘Nganggur’ Segera Digarap Pemkab Siak

Ungkapan duka, kepergian pria kelahiran Jakarta 09 September 1960 lalu ini tidak hanya datang dari masyarakat bawah, aktifis LSM namun juga datang dari beberapa mantan pejabat, seperti mantan Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadique, dan cawagub Sumbar Fauzi Bahar.

“Ungkapan belasungkawa kami atas kepergian almarhum, semoga amal dan ibadahnya diterima disisi Allah Swt dan keluarga yang ditinggal selalu tabah,” ujar Shadiq melalui telpon selulernya. Almarhum meninggalkan satu orang istri dan dua orang anak yang saat ini masih kuliah di salah satu perguruan tinggi di Sumbar.

Penulis : Doy