Ini Dia Lokasi Titik Api di Siak

Jumat, 04 Maret 2016 16:15

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Hari ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi ada 14 titik api yang berada kabupaten Siak. Cuaca yang panas mengakibatkan mudah terjadi kebakaran di kawasan lahan gambut yang ada di kabupaten Siak.

Kepala BPBD Siak Irwan Priatna menjelaskan dari jumlah tersebut, beberapa titik telah dilakukan pemadaman, diantaranya di kenting bekulo kecamatan kandis, bunga raya, tabak rejo kecamatan mempura, sungai apit, tanjung ipal.

“Ada beberapa wilayah yang memang terjadi kebakaran akibat penguapan seperti kenting bekulo kecamatan kandis, bunga raya, tabak rejo kecamatan mempura, sungai apit  tanjung pal, dan ini sudah kita lakukan pendinginan, namun dengan cuaca yang panas membuat lahan tersebut mengalami penguapan sehingga terjadi penjalaran sisa api yang ada,”jelasnya,Jumat (04/03/2016).

Ia juga menambahkan terpantaunya 14 titik api oleh hostpot ini tidak lain terjadi di wilayah itu, akibat terjadinya penguapan dari sisa api yang telah didinginkan sebelumnya.

Baca: Premium ‘Hilang’ di Pekanbaru, Irba: Pertamina Jangan Ada Dusta di Antara Kita!

( Baca : Hari Ini, Riau Paling Banyak Sumbang Hotspot di Sumatera)

“titik api ditempat itu saja, namun karena luas lahan 1 hektar sehingga api itu mengalami menguapan dan api kecil mengakibatkan terpantaunya titik api di satelit BMKG ,”tambahnya.

Hal tersebut terlihat saat tim melakukan pengecekan kearea titik-titik yang terpantau dan itu hanya terjadi di wilayah yang sudah dilakukan pendinginan.

“waktu itu pernah kita pantau kelokasi karena adanya penambahan hostpot, kita kira terjadi di tempat lain, ternyata masih dilokasi-lokasi itu juga,”sebutnya.

Dari pantauan banyaknya titik api pihak damkar siak akan melakukan pengecekan kembali untuk mengetahui kebenaran dari hasil tersebut.

“Kita akan lakukan kembali untuk mengetahui titik api mana saja yang masih aktif,”sebutnya.

Dan untuk saat ini titik api yang sudah pasti adanya yaitu di kecamatan kandis, bunga raya, kecamatan mempura, sungai apit, tanjung pal.

Penulis : Ely