Ini Cara Mudah Melihat Gerhana Matahari

Sabtu, 05 Maret 2016 10:09

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Komunitas Penjelajah Langit (KPL) punya cara sendiri untuk menyaksikan fenomena alam gerhana matahari penuh pada 9 Maret 2016 mendatang. Menjelang momentum itu komunitas di Jokjakarta ini ajak lapisan masyarakat untuk beramai-ramai melihat fenomena itu, untuk melakukan pengamatan matahari.

Pengamanatan itu dapat dilakukan lewat langkah sangat sederhana salah satu caranya dengan menggunakan teknik lubang jarum, atau bisa juga dengan pin hole. Mereka yakin bahwa teknik itu adalah cara paling mudah, aman dan murah untuk dilakukan.

Seperti yang dikutip dari Tempo.co, teknik lubang jarum itu bekerja dengan bemberikan ruang kepada cahaya matahari masuk lewat celah sempit yang selanjutnya diproyeksikan pada sebuah bidang yang datar. Sementara untuk membuat pin hole bisa dengan menggunakan dua lembar kertas atau kardus.

Dari dua lembar kertas yang lubangi itu, satu kertas dengan menggunakan jarum atau paku. Cukup dengan menempatkan lubang pada kertas itu ke arah matahari kemudian tangkap banyangan cahaya matahari melalui lubang pada kertas pertama menggunakan kertas kedua.

Baca: Info Hotspot 28 November: Titik Panas di Riau Terpantau Nihil

Saat matahari mengalami gerhana bayangan bulatan matahari akan berubah membentuk sabit sesuai dengan fase gerhana matahari.

Cara lain supaya aman melihat gerhana matahari yakni dengan saringan yang biasa digunakan untuk memasak di dapur. Cara lain bisa dilakukan dengan melihat bayangan pohon. Agar lebih leluasa tentuntu melihat fenomenan itu dengan menggunakan kacamata khusus matahari.

Penulis: Melba