Ini Aksi Sosial PSMTI Pekanbaru di Bulan Ramadan

Sabtu, 10 Juni 2017 12:22

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia  (PSMTI) di Pekanbaru akan melakukan giat sosial berupa donor darah sebagai agenda rutin di bulan Ramadan.

Agenda ini akan dilangsungkan pada hari Minggu (18/6/2017) di Jalan Setia Budi bertempat di sekretariat PSMTI. Hal itu disampaikan Ket Tjing selaku Humas PSMT Pekanbaru kepada Bertuahpos Sabtu (10/6/2017)

“Kegiatan ini  rutin tahunan dalam rangka partisipasi PSMTI dan mitranya di bulan Ramadhan, sebab  di bulan puasa Ramadan ini  setiap tahun stock kantong darah PMI Kota Pekanbaru sering tidak mencukupi untuk kebutuhan pasien,”ujar Ket Tjing.

Hal itu lantas atas usulan PSMTI Riau, sejak tahun sebelumnya donor darah di bulan puasa Ramadan dilakukan, dan telah menjadi gerakan donor darah Nasional PSMTI di berbagai kabupaten /kota di seluruh Tanah Air Indonesia.

Baca: Provost Halangi Mahasiswa ‘Hadiahi’ Garam ke Menko Perekonomian

“Berhubung berbagai ormas Tionghoa ada IKTS, IKPTB, HTT  dan lembagaan keagamaan Buddha seperti  Mapanbumi, MBI, Tzu Chi, dan lain-lain juga telah gelar baksos donor darah bersempena sambut Hari Raya Waisak 2561 BE sejak menjelang awal puasa Ramadan, jadi  kita berusaha semaksimal mengajak siapa saja  turut berpartisipasi dan terbuka untuk umum, tanpa pasang target,”tungkas Ket Tjing.

Nah, bagi anda yang ingin mendonorkan darah bisa jadwalkan untuk berpartisipasi Minggu (18/6/2017) di sekretariat PSMT Jalan Setia Budi. Sebagai informasi, donor darah saat berpuasa sah-sah saja, dengan arti anda harus makan banyak saat berbuka dan sahur sebelum melakukan donor darah. 

Adapun syarat yang harus dipenuhi antara lain, Yang pertama, sebelum melakukan donor darah, anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti buah-buahan, lauk-pauk, dan sayuran, saat berbuka puasa, dan di saat hendak sahur. 

Yang kedua, cek kondisi tubuh, dan ukur tensi, kolestrol, dan Jantung, bagi yang pernah mengidap penyakit yang serius, diperlukan kondisi tubuh yang kuat, untuk melakukan donor darah.

Jika tenaga medis mengatakan, anda bisa melakukan donor darah. Berarti kondisi tubuh kamu sehat. Tapi jangan lupa setelah melakukan donor darah, perbanyak makan buah, sayuran, dan lauk pauk. Supaya tubuh kembali bugar, saat melakukan ibadah puasa.(Bpc8)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI

Selasa, 26 Mei 2020 14:30

Dishub Riau Sebut Data Pemudik Tahun Ini Tak Bisa Dibandingkan

#PSBB #REGIONAL