Industri Rumah Tangga di Inhil Harus Diperhatikan

Jumat, 11 Maret 2016 17:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL – Bupati Wardan meminta kepada dinas terkait agar fokus melakukan pembinaan terhadap kelompok industri rumah tangga di kabupaten Inhil.

Dia mengatakan nembinaan yang dimaksud berupa keikutsertaan kelompok usaha bersama industri rumah tangga dalam program-program berbentuk pelatihan. Industri yang termasuk dalam pembinaan tersebut, beberapa diantaranya seperti industri pembuatan makanan ringan dan perah santan.

Pembentukan kelompok usaha bersama industri rumah tangga tersebut dimulai dari pengumpulan terhadap beberapa orang yang berada dalam satu lingkungan di suatu daerah. “Setelah terbentuk, barulah kami lakukan pembinaan. Pembinaan dilakukan bagi seluruh kelompok industri yang tersebar di kabupaten Inhil,” ujarnya, seraya mengatakan pelatihan harus diikuti oleh kelompok industri rumah tangga yang memiliki keabsahan sebagai sebuah organisasi.

Pasca pelatihan, Hidayat mengakui kelompok industri rumah tangga yang diikutsertakan terlihat lebih mandiri.

Baca: Konvensional vs Online, Saiman Pakpahan: Pemerintah Harus Memberikan Ruang

Selanjutnya, Hidayat menyebutkan pembinaan oleh Disperindag melalui program pelatihan terhadap kelompok industri rumah tangga tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

“Ini memang tugas kami, kewajiban kami. Artinya, mereka (Kelompok Industri Rumah Tangga, red) tidak berjalan sendiri tanpa ada pembinaan dari kami,” tukasnya. ADV