Indonesia Bangun Islamic Centre di Kabul Afghanistan

Jumat, 17 Januari 2014 12:47

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Afghanistan menandatangani nota kesepahaman (MoU) proyek pembangunan Indonesia Islamic Centre di Kota Kabul, Afghanistan. Pihak Afghanistan menyediakan lahan seluas 1 hektar secara cuma-cuma untuk pembangunan proyek.

“Kita bekerjasama karena melihat hubungan baik antara kedua negara dan besarnya animo mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar sehingga kerjasama ditingkatkan untuk bidang kebudayaan melalui pendirian Indonesia Islamic Centre,” ujar Mendikbud M Nuh di kantornya, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Anggaran proyek ini berasal dari Kemendikbud yang lebih dulu disalurkan melalui organisasi UNESCO. Pembangunan ini menghabiskan dana Rp 10 miliar.

Pemerintah Afghanistan melalui kementerian pendidikannya membantu menyediakan tanah untuk pembangunan. “Afghanistan menyediakan satu hektar tanah secara cuma-cuma,” tegas M Nuh.

Baca: Sedia Mantel, Pekansikawan Berpotensi diguyur Hujan

Menteri Pendidikan Tinggi Afghanistan, Obaidullah Obaid mengatakan, kerjasama dengan Indonesia semakin baik. Pelajar dari kedua negara memperoleh keuntungan dari program pertukaran pelajar.

“Oleh karena itu kita menandatangani MoU baik terkait dengan program beasiswa, pertukaran pelajar serta pusat kultural Indonesia,” tuturnya. (detik.com)