IDX: Isu Pemindahan Ibu Kota Bikin Industri Merespon

Kamis, 05 September 2019 11:37
IDX: Isu Pemindahan Ibu Kota Bikin Industri Merespon

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Isu pemindahan Ibukota Negara bikin dunia industri merespon. Namun respon itu tidak begitu signifikan. Hal ini terbukti dengan pergerakan normal pada pasar bursa dalam negeri.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Riau, Emon Sulaeman menerangkan, sedikit banyak respon pihak industri terhadap rencana pemindahan Ibukota Negara, lebih kepada menerka segala kemungkinan terjadi atas kebijakan kepala negara.

Advertisement

“Soal pemindahan ibu kota ini juga mejadi isu walau belum diputuskan oleh DPRD. Mau tak mau industri akan merespon. Sejauh ini belum ada terlihat di bursa perubahan itu,” ungkapnya, Kamis, 5 September 2019 di Pekanbaru.

Emon menjelaskan, secara umum pada Agustus sebagian besar investor yang keluar tidak hanya dari dalam, tapi juga dari luar negeri. Pergerakan bursa juga terpantau masih standar dan belum ada hal yang mengkhawatirkan.

Baca: 4 Hal yang Dilakukan Untuk Memperbaiki Arah Kiblat

Selain isu soal pemindahan Ibukota Negara, Emon menjelaskan, soal penyusunan kabinet baru juga memberi pengaruh terhadap pergerakan saham belakangan ini, namun porsinya juga tidak begitu signifikan.

“Sedangkan akhir tahun nanti, soal laporan keuangan perusahaan, nanti juga akan ditunggu dan itu sangat mempengaruhi investor untuk kedepannya,” kata Emon. (bpc3)