Hotel Premier Jadi Lokasi Penentuan Hilal

Senin, 16 Juni 2014 18:15
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau akan melihat anak bulan (hilal) untuk menentukan 1 Ramadhan 1435 Hijriah pada 27 Juni mendatang. Diperkirakan lokasi penentuan berada di Hotel Primer Pekanbaru.
 
Informasi tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Riau, Tarmizi Tohor, Senin (16/6/2014) di Kantor Gubernur Riau. Penentuan lokasi tersebut, karena Hotel Primer merupakan lokasi paling tinggi saat ini. Jika Hotel The Peak selesai, kedepan akan lokasi peninjauan berada di sana.
 
“Setelah dilakukan peninjauan Hilal, baru kita bisa menentukan kapan tanggal jatuhnya 1 Ramadhan itu. Kemudian hasilnya akan dikirimkan ke pusat,” terang Tarmizi. Setelah hasil dikirim ke pusat, kata Tarmizi, pihaknya tetap akan menunggu keputusan dari Kementerian Agama, soal kapan akan dimulainya 1 Ramadhan itu.
 
“Kita tidak akan mengambil kebijakan tersendiri, kita tetap berpedoman kepada beberapa keputusan organisasi Islam di Indonesia, yang akan diputuskan bersama di Kemenag Pusat. Sebagaimana diketahui, seperti tahun sebelumnya,” paparnya.
 
Tarmizi juga mewanti-wanti jika seandainya nanti ada organisasi Islam yang mendahului atau di belakang 1 Ramadhan. Menurutnya hal tersebut tidak menjadi persoalan bagi Kemenag Riau. “Jika nanti ada organisasi yang mendahui atau di belakang Ramadhan, saya kira tidak ada masalah.
 
Karena itu memang ada dasar-dasar hukum di Islam. Namun yang terpenting bagi saya, pelaksanaan ibadahnya itu. Jangan membedakan 1 Ramadhan dan 1 Syawal, tapi ternyata kita tidak beribadah (puasa, red), itu yang jadi masalah,” ujarnya.
 
Oleh sebab itu, Tarmizi mengimbau seluruh masyarakat Riau yang beragama Islam, jangan mempermasalahkan persoalan tersebut. Jadikan Ramadhan ini sebagai momentum untuk meningkatkan ibadah, menegakkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.(syawal)