Headway Lama, Penumpang Pilih Naik Oplet

Rabu, 13 Agustus 2014 18:13

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tampaknya belum bisa bertepuk dada dengan kenyamanan Bus Trans Metro (TMP) yang menjadi kebanggaan Kota Bertuah. Pasalnya masih lama waktu tunggu di halte (headway) menyebabkan banyak masyarakat memilih naik oplet.

Seperti yang diungkapkan Vina Wahyuni, seorang pekerja di instansi swasta ini memilih naik oplet ketimbang bus TMP. “Mending naik oplet, nggak selama Bus TMP. TMP kadang transit yang bikin lama,” sebutnya, Rabu (13/08/2014).

Vina yang tinggal di Panam terpaksa naik oplet pulang pergi ke tempat kerja di jalan Arengka II. Walaupun kondisi transportasi ini belum senyaman bus TMP. Begitu juga dengan tarif Oplet dan Bus TMP sama-sama Rp 3000.

Dirinya berharap pihak berwenang bisa memberi solusi agar penumpang yang sebelumnya naik TMP malah beralih ke transportasi lain. “Jadi penumpang tidak mengeluh dan beralih kepada oplet yang jalan terus dan jarak oplet satu dengan lainnya cepat,” sebutnya.

Baca: Helda: Kita Akan Telusuri Perihal Keharusan Membeli Obat di Rumah Sakit Awal Bros

Hal serupa turut disampaikan Karyawan Swasta, Dian yang tinggal di Jalan Panam. Dirinya juga memilih pulang pergi ke tempat kerja dengan oplet.

“Karena halte TMP lumayan jauh dari kos makanya naik oplet. Selain itu lama nunggu TMP di halte,” sebutnya.

Padahal dirinya lebih senang naik transportasi umum kendati punya sepedamotor. “Kalau pakai sepedamotor panas, capek bawanya, belum lagi macet. Kalau transportasi umumkan tinggal bayar Rp 3000 tinggal duduk sampai rumah,” sebutnya.

Dirinya mengakui TMP Pekanbaru sudah nyaman untuk naiki, hanya saja headway yang lama membuat banyak orang malas naik. “Semoga waktu nunggu Bus TMPnya tidak lama. Kasian orang yang mau pergi kerja atau sekolah, yang harus nunggu lama,” harapnya. (riki)