Harga Sembako Meroket di Siak

Jumat, 13 Juni 2014 10:05
BERTUAHPOS.COM, SIAK – Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok yang sangat drastis jelang Ramadan ini, membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Siak harus turun ke pasar-pasar tradisional.


Pantauan MRNetwork, Disperindag turun ke Pasar Belantik Kecamatan Siak dipimpin langsung Kepala Disperindag Siak, Wan Bukhori, Kamis (11/6/2014).  “Ini kan mau masuk Ramadan. Biasanya, harga-harga kebutuhan naik. Untuk itu, kita turun guna mendata jenis kebutuhan apa saja yang mengalami kenaikan harga,” ujar Bukhori.

Inspeksi mendadak (Sidak) kali ini, Disperindag mendapati sejumlah harga kebutuhan mengalami kenaikan. Seperti, harga satu ekor ayam potong yang biasanya dijual Rp 30 ribu, sejak satu minggu terakhir sudah mencapai Rp 34 ribu. Kenaikan harga juga terjadi pada komunitas ikan. Untuk jenis ikan Lele yang biasanya dijual Rp 25 ribu per Kg, kini naik menjadi Rp 27 hingga Rp 28 ribu per Kg.

Sementara itu, harga yang ikut naik juga terjadi pada beras dan telur. Untuk beras Palembang sendiri yang paling banyak di komsumsi masyarakat Siak, yang biasanya Rp 9.500 jadi Rp 10 ribu. Dan untuk telur biasa Rp 28 ribu per papan, kini jadi Rp 33 ribu per papan.

Wan Bukhori juga mengatakan, hasil pantauan di lapangan juga masih banyak perbedaan-perbedaan harga yang dijual oleh para pedagang. Seperti pedagang di luar pasar dan di dalam pasar, harga jauh berbeda. Hal ini memang daya saing untuk menarik para pembeli.

Baca: 2014, 6 Kasus di Riau Didampingi LPA

Yasin (22), pedagang barang sembako mengatakan, ada barang-barang tertentu yang naik. Kenaikan terjadi dari para pemasok. “Kami tidak akan menaikan harga, kalau tidak dari para pemasok yang naik,” ungkapnya.(HalloRiau)