Hanya Lima Cabor ISG di Pekanbaru?

Rabu, 05 Juni 2013 18:26
BERTUAHPOS, JAKARTA – Keputusan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) digelar di Pekanbaru dan Jakarta belum pasti. Tapi, wacana tersebut sudah muncul kepermukaan. Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mengisyaratkan bahwa lima atau enam cabang olahraga akan diadakan di Pekanbaru, Riau.
 
Hal ini berdasarkan opsi terakhir dari rapat Kemenpora, Panpus, KOI, KONI dan Wakil ISSF guna menghormati marwah Riau yang sebelumnya ditetapkan sebagai tuan rumah ISG.
 
“Berdasarkan hasil rapat Kemenpora, Panpus, KOI, KONI, wakil ISSF sudah sepakat ISG tetap dilaksanakan di Jakarta demi melindungi nama baik Indonesia,” ujarnya, Senin (3/6/2013) saat ditanya tentang adanya opsi tuan rumah bersama dalam penyelenggaraan ISG di Jakarta.
 
Tapi sebutnya, ada opsi terakhir, kemungkinan besar ada lima atau enam cabang olahraga yang akan dilaksanakan di Pekanbaru, Riau. Ini dilakukan guna menghormati marwah Riau yang sebelumnya ditunjuk menjadi tuan rumah sebelum akhirnya dipindahkan ke Jakarta.
 
“Memang ada opsi terakhir, kemungkinan lima atau enam cabang olahraga akan dilaksanakan di Pekanbaru. Hal ini kita lakukan guna menghormati Riau, tapi dengan syarat venue-venue tersebut sama sekali tidak bermasalah,” kata ahli Telematikan ini.
 
Saat ditanya, apa saja cabang olahraga yang akan dilaksanakan di Riau tersebut. Labih lanjut mantan anggota Komisi I DPR RI ini belum bisa memastikannya, karena itu belum bisa diputuskan.
 
Sebagaimana diketahui, jumlah Cabor yang akan dipertandingkan dalam ISG yang rencananya diselenggarakan pada 22 September sampai 1 Oktober mendatang di Jakarta adalah 17 cabang olahraga. Tapi sebelumnya, Kemenpora mengisyaratkan ada tiga cabor yang peminatnya minim dan terbatas sehingga ketiga cabor tersebut terancam dicore. Cabor tersebut, di antanya panjat dinding, sepak takraw, dan perahu naga.  (kapurnews.com)