Hadapi Musim Panas Pemprov Riau Klaim Karhutla Masih Terkendali

Selasa, 11 Juni 2019 11:08

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Meski BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan pada Juni 2019 Riau sudah berhadapan dengan musim panas, Pemprov Riau mengklaim masalah penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di provinsi ini masih terkendali. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan hal demikian saat ditemui BertuahPos.com, Selasa, 11 Juni ini 2019 di Pekanbaru.

“Target untuk pengendalian Karhutla selama Ramadhan dan lebaran sudah selesai dan alhamdulillah bisa kondisi bisa terkendali,” ungkapnya. Menurut Edwar, selanjutnya pihaknya punya tugas yang sama hingga momentun keberangkatan jemaag haji, hari kemerdekaan 17 Agustus hingga menutup tahun 2019. Harapannya tahun ini Riau kembali tercatat sebagai daerah bebas asap.

Dia menambahkan beberapa momentun penting sebelumnya, berjalan baik tanpa terganggu dengan adanya kabut asap. Seperti momentun pemilu lalu. Edwar juga mengklaim langkah koordinasi tetap dilakukan sepanjang status siaga darurat Karhutla Riau yang sebelumnya sudah ditetapkan, belum dicabut. 

Hingga saat ini, dia berujar, titik rawan Karhutla masih berada di wilayah Utara, seperti Rohul, Rohil, Dumai, Bengkalis, Meranti dan sebagian di Kabupaten Siak. Kondisi cuaca di wilayah tersebut sangat sulit diprediksi dan sebagian besar masih terapar cuaca kering. “Kami mengistilahkan daerah itu zonk cuaca hujan. Jadi sangat sulit diprediksi,” katanya. (bpc3)

Baca: Bupati Wardan Hadiri Tabligh dan Maulid Akbar