Habis Masa Aktif, Dua Asesor LSP Masih Jadi Penguji

Kamis, 18 Februari 2016 17:22
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Meningkatkan profesionalisme pekerja kali ini Lembaga Sertifikasi Profesi Lancang Kuning Nusantara kembali menggelar  Sertifikasi Kompetensi Profesi bidang Pariwisata Kamis (18/2/2106) di ballroom hotel Furaya Pekanbaru.
 
Dari data yang ada, sekitar 250 pekerja bidang pariwisata mengikuti tes uji kompetensi tersebut. Namun menurut informasi dari 36 Asesor yang menguji para tenaga kerja, ada dua Asesor yang telah habis masa aktif dan seharusnya tidak dibenarkan menjadi tim penguji.
 
Menanggapi hal tersebut Direktur LSP Lancang Kuning Nusantara Ryiono Gede Trisoko membenarkan bahwa ada dua orang Asesor yang telah habis masa aktifnya.
 
“Benar ada dua asesor yang habis masa aktifnya, tapi masih jadi tim penguji, tapi masa aktifnya habis di bulan Maret nanti,” ujar Ryiono.
 
Namun menurut Ryino, Asesor masih dapat menjalankan tugasnya walaupun masa aktif sebagai asesor telah habis jika itu belum lewat tiga bulan setelah masa aktif berakhir.
 
“Asesor masih bisa bekerja sebagaimana mestiny minimal 3 bulan dari habisnya masa berlaku, artinya kita masih beri waktu tenggang selama tiga bulan,” sebut Ryiono.
 
Saat ini LSP Lancang kuning memiliki 36 Asesor aktif dan sudah melakukan dua kali sertifikasi profesi bidang pariwisata untuk wilayah Pekanbaru.
 
Selanjutnya dalam waktu dekat, Ryinono mengatakan akan kembali melakukan Sertifikasi Profesi tenaga kerja di bidang pariwisata di beberapa daerah, diantaranya adalah dumai Kepri.
“Dalam waktu dekat, mungkin di bulan Maret kita akan berkunjung ke daerah daerah melakukan uji kompetensi tenaga kerja di sana,” tambah Ryiono.
 
LSP Lancang Kuning Nusantara adalah lembaga sertifikasi khusus bidang pariwisata yang telah mendapat lisensi resmi dari BNSP. Untuk pariwisata hanya ada dua LSP pariwisata resmi di Sumatra yaitu di Aceh dan Sumatra.
 
LSP lancang Kuning saat ini sudah mampu mengcover wilayah kerja Sumbar Riau, Kepri, Sumut dan Jambi. Khusus LSP Lancang Kuning di bidang pariwisata tahun 2016 menggelar 8 bidang profesi. Secara garis besar dibagi menjadi 3 bidang profesi yaitu, perhotelan, perjalanan wisata, dan kepemanduan. Alamat kantor Arifin Ahmad Komplek Mega Asri Blok B no 18 Pekanbaru Riau (nova)