Gubri: Masyarakat Rohil Harus Manfaatkan Event Bakar Tongkang Untuk Cari Duit

Kamis, 08 Juni 2017 09:38

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Tradisi Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir itu sudah mendunia. Ritual budaya masyarakat Tionghoa ini membuat daerah Bagansiapiapi seperti gula. Banyak sekali yang datang.

Diperkirakan akan ada puluhan ribu wisatawan, lokal, nasional hingga mancanegara, akan mengunjungi daerah ini. Keriuhannya sudah akan dimulai sejak tanggal 9 Juni nanti, dan puncaknya, Minggu, tanggal 10 Juni.

Itu pula yang membuat Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman agak geregetan. Dia ingin masyarakat tempatan cari duit banyak lewan momentum ini.

“Saya kemarin waktu pulang dari Jakarta pesawat penuh, semuanya ingin ke Bagansiapiapi,” katanya, Kamis (8/6/2017). 

Baca: Fakta unik tentang warna yang jarang diketahui

Pelaksanaan ritual Bakar Tongkang kali ini akan lebih istimewa. Sebab, kemungkinan besar akan dihadiri oleh Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan dan Ketua DPR RI, Serya Novanto. 

Dari puluhan ribu wisatawan yang hadir, kata Andi Rachman, bisa dibayangkan seberapa banyak perputaran uang di daerah itu. Padahal hanya beberapa hari saja.

Baca: Fahmizal: Bakar Tongkang Berawal Dari Tahun 1883

Dia memprediksi, jika ada sebanyak 20 ribu sampai 30 ribu pengunjung saja, dalam 3 hari. Satu hari perorang menghabiskan uang ratusan ribu. “Kalikan sajalah berapa banyak uang beredar ketika itu,” tambahnya. 

“Kalau tidak percaya tanya saja pedagang yang jual mainan. Mereka rela datang jauh-jauh dari daerah lain untuk jualan, tapi untungnya berlipat-lipat,” ujar Andi Rachman. 

Sementara di Riau, tidak hanya momentum Bakar Tongkang menyedot perhatian banyak wisatawan. Tapi ada banyak even wisata lain yang bjsa dimanfaatkan masyarakat untuk cari duit. (bpc3)