Gubri Langsung Salami Abuimin Sesaat Setelah Upacara Hari Pahlawan

Kamis, 10 November 2016 12:26
Gubri Langsung Salami Abuimin Sesaat Setelah Upacara Hari Pahlawan

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – H Abuimin, seorang pria berusia lanjut duduk dibarisan depan pojok sebelah kiri, dalam tenda pada saat upacara peringatan Hari Pahlawan ke 71 di Halaman Kantor Gubernur Riau.

Sesaat setelah upacara dan seremoni lainnya selesai, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman langsung menghampiri dan menyalaminya. “Selamat hari pahlawan, Pak,” ujarnya kepada Abuimin.

Advertisement

Abuimin adalah seorang Legiun Veteran Republik Indonesia Riau yang dulu pernah berjuang memperebut kemerdekaan RI. Ketika itu dia mengenakan pakaian khas veteran lengkap, warna kuning mencolok. Selain dia, ada beberapa veteran lainnya yang ikut dalam upacara itu.

Sebelum menjabat tangan Andi Rachman, dia menanggapi peristiwa demo 4 November yang menuntut Basuki Thajaja Purnomo alias Ahok di penjara. Karena Ahok dianggap telah menistakan agama dan menjadi pemicu perpecahan antar masyarakat Indonesia.

Baca: Pasar Higienis Sepi, Pedagang: Kami Mati Perlahan!

Peristiwa tersebut sangat kontras dengan tujuan bangsa untuk mempererat persatuan bangsa. Saat ini Abuimin menjabat sebagai Sekretaris Legiun Veteran Republik Indonesia. Harapannya sederhana oknum-oknum pemecah persatuan bangsa tidak ada lagi.

Perbincangan kecil antara Abuimin dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman terjadi. Dari kejauhan terlihat Andi Rachman tengah mendengar serius ucapan Abuimin, sebelum peserta upacara bubar.

Penulis: Melba