Gubri: CPNS Rohil Harusnya Orang Rohil

Kamis, 20 Februari 2014 17:46

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau, H Annas Maamun menegaskan tidak akan menandatangani hasil tes CPNS jalur umum yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kepada bertuahpos.com, Kamis (20/02/2012) ia menyayangkan hasil CPNS yang ternyata tidak banyak orang dari Rohil.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan-RB) menjelaskan hasil CPNS sesuai dengan hasil kelulusan. Namun lain pertimbangan Gubri. Ia menilai, orang Riau tetap  orang Riau, bukan mengharuskan orang Melayu, tapi orang yang tinggal di Riau. Begitu juga dengan Rohil, kalau daerah Rohil, yang lulus itu harus orang Rohil juga. “Hak PNS itu hak orang lain, ngapa pula masuk ke tempat saya. Tidak bisa itu masuk orang luar kasihan orang asli orang Rohil. Jangan didrop dari luar daerah masuk kesana” ujarnya.

Dipaparkan Annas,  di Rohil sendiri ada 6000 orang per tahun anak yang tamat SMA. Dari jumlah itu, hanya 3000 yang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Seandainya 3000 itu tamat pertahun, kemana mereka akan dibuat jika kita mengambil orang lain untuk mengisi daerah itu. “Tentu tidak bisa itu, harus tempat masing-masing. yang penting anak Riau, kalau Rohil anak Rohil Saja, begitu juga dengan yang lainnya, ngapa pula orang Kampar masuk Rohil. Kalau kantor gubernur, orang kabupaten manapun boleh masuk sini” cetusnya.(syawal)

Baca: Uang ‘Pelicin’ Pembuatan KTP dan KK, 3 Tersangka Ditangkap