Gaji Imam Masjid Paripurna Tergantung Ketersediaan APBD

Rabu, 24 Februari 2016 11:43

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Beberapa waktu lalu, DPRD Kota Pekanbaru bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Masjid Paripurna Kota Pekanbaru.

Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru, M Noer MBS, mengatakan bahwa saat ini Masjid Paripurna Pemko Pekanbaru sebanyak 71 masjid yang terdiri dari 1 masjid tingkat kota yakni Masjid Agung Ar Rahman, 12 Masjid Paripurna tingkat kecamatan dan 58 masjid paripurna tingkat kelurahan.

“Untuk kriteria kan sudah ada dalam perda dan semuanya lengkap disana. Termasuk syarat dan ketentuan sudah ada disana semua dalam perda yang telah disahkan kemarin,” kata M Noer kepada bertuahpos.com, Rabu (24/2/2016).

M Noer menambahkan, untuk honor pengurus masjid sendiri untuk saat ini dibayarkan dari anggaran daerah atau APBD Pemko Pekanbaru. Untuk saat ini M Noer sendiri belum bisa menyebutkan berapa gaji yang harus dibayarkan. ( Baca: Dua Ranperda Dikembalikan DPRD, Ini Komentar Pemko Pekanbaru)

Baca: Tanamkan Nilai Juang, Bupati Limapuluh Kota Tabur Bunga Dimakam Ibrahim Dt. Tan Malaka


“Sekarang ini masih belum ditentukan berapa, karena APBD kitakan masih belum jalan.  Tergantung anggaran kitalah berapa nanti yang dibayarkan untuk imam masjid tingkat kecamatan dan tingkat kelurahan,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan, setelah penutupan pendaftaran pada 8 oktober yang lalu, tercatat ada 59 orang yang mendaftar sebagai calon Imam Masjid tersebut. Meski begitu, masih akan dilakukan seleksi agar bisa ditetapkan Mufti atau imam untuk 13 masjid paripurna yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Salah satu syarat yang harus terpenuhi oleh calon imam tersebut yaitu wajib hafal 30 juz Alquran untuk Masjid Paripurna Kota Pekanbaru dan minimal 5 juz Alquran untuk imam masjid paripurna kecamatan.

Ranperda Masjid Paripurna yang disahkan DPRD Pekanbaru menjadi Perda Rabu 20 Januaru 2016 dan akan tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru.

Berikut ini daftar Masjid Paripurna di 12 kecamatan:
1. Kecamatan Tampan Masjid Al-Muttaqin Jalan Tuah Karya
2. Kecamatan Sukajadi Masjid Al-Muamalah Jalan Dahlia
3. Kecamatan Payung Sekaki Masjid Al-Muhajidin Jalan Jenderal
4. Kecamatan Marpoyan Damai Masjid Al-Kautsar Jalan Neraca
5. Kecamatan Bukitraya Masjid Nurussalam Jalan Taman Sari
6. Kecamatan Pekanbaru Kota Masjid Al-Falah Darul Mukhtaqin Jalan Sumatera
7, Kecamatan Tenayan Raya Masjid Nurul Ibadah Jalan Indrapuri
8. Kecamatan Sail Masjid Al-Mukhlisin Jalan Sutomo
9. Kecamatan Senapelan Masjid Nurul Islam Jalan Kulim
10. Kecamatan Lima Puluh Masjid Abidin Jalan Sutomo Rintis
11. Kecamatan Rumbai Masjid Al-Muhajirin Jalan Umban Sari Atas
12, Kecamatan Rumbai Pesisir Masjid Istiqomah Jalan Sembilang.

Penulis: Iqbal