Fisik PLTU Tenayan Raya 72%, 2015 Siap Beroperasi

Rabu, 22 Januari 2014 15:55

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Kondisi fisik pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya saat sudah mencapai 72%. Diperkirakan awal tahun 2015 PLTU Tenayan Raya Siap dioperasikan. Demikian dikatakan Deputi Manager Hukum dan Humas Wilayah Riau dan Kepri Sarno kepada bertuahpos.com, Rabu (22/1/2014). “Semua peralatan sudah dalam keadaan onsite dalam tahap pengerjaan. Cerobong sudah selesai, genaratornya juga sudah selesai,” ungkap Sarno.

Dikatakan Sarno, tahun ini ada dua unit 2×110 Mw yang akan di selesaikan PLN. Unit pertama diperkirakan Oktober 2014  dan unit kedua Desember 2014 selesai. Ahir tahun ini dua unit ini akan selesai, itulah yang akan disalurkan melaluitranmisi tersebut. “Transmisi itu dari  Tenayan ke gardu induk gardu induk Pasir Putih dan gardu induk di Garuda Sakti melalui gardu induk Pasir Putih yang saat ini sedang di bangun,” jelasnya.

Namun, untuk mengoperasikan itu katanya harus melalui uji coba. Harus ada selesai salah satu transmisi yg paling dekat dari teluk lembu. Karena pembangkit besar harus diuji melalui tegangan tinggi. Dan syaratnya harus selesai transmisinya yang 150KP. “Jadi, transmisi dites ke sistem, karena disuplai 20KP gak kuat, harus pakai tegangan tinggi. Ini gak bisa dicoba kalau tranmisi belum selesai,” ujarnya. Ditambahkannya, setelah diuji coba akan ada serah terima comercial operation dari pihak PLN. Kalau sudah melakukan operasi bisa langsung di salurkan ke masyarakat untuk masuk ke interkoneksi Sumatra.(Syawal)

Baca: Riau Masih Dapat Kiriman Asap Sumsel