Firdaus-Ayat Duduk Satu Meja, Tapi Tak “Mesra”

Sabtu, 20 Februari 2016 15:25

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Melihat Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT dan Wakilnya, Ayat Cahyadi bersama dalam satu acara kedinasan sudah biasa. Hal yang berbeda terlihat saat Firdaus MT menghadiri acara silaturrahmi bersama Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib, Dr H Salim Segaf Al Jufri, di Hotel Mutiara Merdeka, Sabtu (20/02/2016).

Seperti yang dipantau kru bertuahpos.com saat jeda makan siang, Firdaus yang mengenakan kemeja biru meski saling berhadapan dengan Ayat Cahyadi tidak banyak berbincang. Firdaus MT lebih banyak berbincang dengan mantan Gubernur Riau, Wan Abu Bakar yang tepat berada di samping kanannya. Sedangkan Ayat yang memakai batik lengan panjang duduk berdampingan dengan Ketua Umum DPW PKS Riau, Hendri Munif.

Sebenarnya saat sesi tanya jawab, Ketua Majelis Syuro PKS Habib, Dr H Salim Segaf Al Jufri sempat menyinggung tentang posisi partainya untuk Pilwako Pekanbaru. “Kalau yang di depan ini (Firdaus MT) terbaik ya kita dukung,” katanya. Namun tidak dijelaskan secara gamblang apakah PKS akan menggusung duo Firdaus MT bersama Ayat Cahyadi untuk Pilwako 2017.

Seperti yang diketahui Tahun 2016 ini juga bermakna masa tugas Firdaus MT sebagai Wali Kota Pekanbaru bersama Wakilnya, Ayat Cahyadi tersisa satu tahun lagi. Pasangan ini mulai menjalankan roda pemerintahan sejak dilantik sejak 26 Januari 2012. Berarti bersama Ayat Cahyadi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah hampir empat tahun memimpin menata Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Baca: Dewan: Laporkan ke MUI dan Polisi

Seperti yang ramai diperbincangkan kabar Ayat Cahyadi yang saat ini duduk sebagai Wakil Walikota Pekanbaru berencana maju untuk perebutan kursi Pekanbaru satu. Ini tandanya bakal secara resmi menjadi penantang Firdaus MT yang sudah menyatakan keinginnannya untuk melanjutkan kepemimpinannya. Hanya saja untuk posisi kader partai Demokrat ini masih belum membeberkan siapa orangnya.

“Untuk wakil bisa saja (Ayat Cahyadi) tidak menutup kemungkinan. Karena nanti akan ditentukan pertengahan tahun,” katanya sambil tersenyum kepada rekanan wartawan belum lama ini.

Pernyataan ini seolah menampik dirinya pecah kongsi dengan Ayat Cahyadi. “Bisa saja tidak menutup kami tetap berpasangan, bisa saja,” katanya.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT kepada kru bertuahpos.com menyatakan sebagai incumbent dirinya positif mengikuti Pilwako pada 2017 nantinya. Alasannya dirinya ingin melanjutkan apa yang sudah dimulai semasa pemerintahannya. “Jadi boleh kita sebut seperti bangun rumah, sekarang ini baru sampai pondasi, belum sampai tiang bahkan atap,” katanya. (Riki)